'Gampil' Bawa Bandung Jadi Percontohan Izin UKM Online

'Gampil' Bawa Bandung Jadi Percontohan Izin UKM Online

Menteri Koperasi dan UMKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga berbincang dengan Walikota Bandung Ridwan Kamil, saat melakukan kunjungan kerja di Pendopo Bandung, Selasa (23/2/2016). (foto - pikiran-rakyat.com)

Bandung - Untuk mengetahui lebih jauh mengenai proses perizinan bagi para calon pengusaha keccl dan menengah di Kota Bandung, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) pun secara langsung melakukan kunjungan kerja ke Kota Bandung, yang langsung diterima oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil.
 
Menurut Menteri Koperasi UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Bandung mempunyai program perizinan yang bagus dengan sistem online. Dalam layanan aplikasi perizinan UKM yang bernama Gampil (Gadged Mobile Application for Licence), calon pengusaha kecil dan menengah hanya cukup memberitahukan kepada pemkot, lalu pemkot merespons dengan mengeluarkan tanda daftar usaha kecil/mikro, dan itu langsung bankable untuk skema kredit KUR.
 
"Saya langsung menginstal program ini. Ternyata Kota Bandung sudah punya program yang sangat bagus dengan online sistem. Saya gembira melihat hal ini," aku Puspayoga, Selasa (23/2/2016).
 
Puspayoga menyatakan, program aplikasi perizinan UKM bernama Gampil akan ditetapkan sebagai pillot project di Indonesia, karena cukup mudah hanya memberitahukan melalui handphone untuk memulai usaha.
 
Kelebihan aplikasi ini sudah bisa langsung konek ke perbankan. Program Gampil memberikan proteksi dan pemberdayaan potensi ekonomi lokal bagi warga Bandung. Aplikasinya juga sudah siap, publik sudah bisa mendownload di playstore dengan keyword 'Gampil' yang berarti gampang pada handphonenya.
 
"Besok akan dirapatkan di Kemenkop UKM untuk memberi masukan kepada Presiden, mengenai Perpres No. 98. Kepala BPPT-nya besok akan kita undang juga untuk mempresentasikan di Kementerian," tegasnya. Aplikasi untuk perizinan UKM tersebut rencananya akan dilaunching pada Kamis 25 Februari 2016, dengan tagline 'Gampil, Satu sentuhan untuk UKM Juara.
 
Sementara itu, Walikota Bandung Ridwan Kamil saat menerima kunjungan kerja Menkop UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga di Pendopo mengatakan, di Bandung untuk menjadi pengusaha kecil memang tidak perlu izin, cukup memberitahu kepada pemerintah kota.  "Dari situ, pemerintah kota nantinya akan merespon, yakni dengan mengeluarkan tanda daftar usaha kecil atau mikro yang langsung bankable. Utamanya untuk skema kredit KUR," kata Emil. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,