Ditemukan 23 Jasad dan Pesawat yang Hilang di Nepal

Ditemukan 23 Jasad dan Pesawat yang Hilang di Nepal

Puing pesawat Twin Otter milik Maskapai Penerbangan Tara Air yang jatuh di utara Nepal. (foto - ist)

Kathmandu - Sebanyak 23 jasad penumpang pesawat jenis Twin Otter yang dioperasikan oleh maskapai domestik Tara Air yang sebelumnya dilaporkan hilang di utara Nepal, ditemukan tim penyelamat.

"Tim penyelamat sudah menemukan puing dari pesawat kecil yang membawa 23 orang penumpang iktu, yang jatuh menghantam sebuah gunung di Nepal," demikian sebuah pernyataan pihak Kepolisian Nepal.

Dikutip dari Belfast Telegraph, Rabu (24/2/2016) pesawat tersebut jatuh diakibatkan terjebak oleh cuaca buruk. Seluruh penumpang, termasuk dua warga asing dipastikan tewas dalam kejadian tersebut.

Menurut petugas polisi Harihari Yogi, pesawat itu menempuh perjalanan selama 18 menit. Saat ditemukan, puing-puing dari pesawat masih ada yang dilalap api. "Sepertinya pesawat terbang tersebut jatuh dan mengarah langsung ke gunung," kata Yogi.

Sementara dua warga asing yang turut tewas, yakni warga Tiongkok dan Kuwait. Sedangkan penumpang lainnya yang juga menjadi korban tewas, merupakan warga negara Nepal termasuk dua anak-anak. Pesawat itu lepas landas dari Pokhara dan tengah dalam perjalanan menuju Jomsom.

Hal itu pula dibenarkan Menteri Penerbangan dan Pariwisata Nepal Ananda Pokharel, sebuah pesawat yang awalnya dilaporkan hilang kontak dan membawa 21 orang jatuh di wilayah pegunungan di utara Nepal. "Waktu penerbangan total seharusnya 18 menit, tapi hilang kontak delapan menit setelah lepas landas," ujar juru bicara Tara Air Bhim Rai, seperti dilansir CNN.

Warga di distrik Myagdi, Nepal oun melihat kobaran api di hutan. Setelah itu, pihak berwenang tiba di lokasi dan menemukan reruntuhan pesawat. Padahal, saat pesawat lepas landas, cuaca sangat cerah dan tidak ada tanda-tanda membahayakan.

Pesawat Twin Otter itu baru saja diimpor dari Kanada pada September lalu. Sementar Pokhara adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Nepal dan Jomson, yang merupakan pintu gerbang untuk salah satu rute pendakian ke Gunung Himalaya. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,