Gianni Infantino Terpilih Jadi Presiden FIFA 2016-2019

Gianni Infantino Terpilih Jadi Presiden FIFA 2016-2019

Gianni Infantino terpilih jadi Presiden FIFA periode 2016 - 2019. (foto - ist)

Zurich - Gianni Infantino secara resmi terpilih menjadi Presiden FIFA periode 2016 - 2019, sebagai pengganti Sepp Blatter. Infantino berhasil mengalahkan tiga lawannya, yakni Prince Ali Bin Al Hussein, Sheikh Salman Bin Ebrahim Al-Khalifa dan Jerome Champagne.

Sebetulnya ada satu lagi pesaing Infantino, yakni Sexwale dari Tokyo. Namun, sebelum pemilihan Sexwale mundur karena beberapa alasan. Proses pemilihan tersebut melibatkan tidak kurang dari 207 voters, terkecuali Indonesia dan Kuwait yang tengah terkena sanksi. Dalam pemilihan itu pula, proses pemungutan suara sempat digelar sebanyak dua kali.

Sepertti dilansir situs resmi FIFA, Sabtu (27/2/2016) pada pemungutan suara pertama, tidak ada calon yang berhasil memenangkan dua per tiga suara. Meski Infantino dan Sheikh Salman, sama-sama menjadi kandidat dengan suara terbanyak.

Keduanya hanya berselisih tiga suara, Infantino mendapatkan sebanyak 88 suara, sedangkan Sheikh Salman sebanyak 85. Sesuai aturan, untuk itu harus dilakukan pemungutan suara ulang. Hasilnya, Infantino berhasil menang pada pemilihan kedua.

Infantino berhasil meraih dukungan sebanyak 115 suara. Sementara pesaing terkuatnya, Sheikh Salman hanya mendapatkan 88 suara. Sementara itu,  Jerome Champagne tidak mendapat dukungan sama sekali pada pemilihan kedua tersebut. Sedangkan Prince Ali hanya mendapatkan empat suara. (Jr.)**

Hasil resmi pemilihan Presiden FIFA:
 
Pemungutan suara 1:
HRH Prince Ali Bin Al Hussein - 27 suara
Shk. Salman Bin Ebrahim Al-Khalifa -  85 suara
Jérôme Champagne - 7 suara
Gianni Infantino - 88 suara
 
Pemungutan suara 2:
HRH Prince Ali Bin Al Hussein - 4 suara
Shk. Salman Bin Ebrahim Al-Khalifa - 88 suara
Jérôme Champagne - 0 suara
Gianni Infantino - 115 suara
.

Categories:Sepak bola,
Tags:,