Emil Pastikan Tidak Akan Nyalon di Pilgub DKI 2017

Emil Pastikan Tidak Akan Nyalon di Pilgub DKI 2017

Emil memastikan diri untujk tidak akan maju di Pilgub DKI 2017 mendatgang. (foto - ist)

Bandung - Walikota Bandung M Ridwan Kamil memutuskan dirinya untuk tidak maju sebagai calon gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017. "Saya tidak akan maju sebagai calon dalam Pilkada DKI," kata Emil dalam konferensi pers di Balaikota, Senin (29/2/2016).

Adapun alasannya, Emil ingin menuntaskan masa jabatannya sebagai Walikota Bandung yang berakhir pada 2018. Jika sudah rampung, mungkin akan menjajal pemilihan gubernur Jawa Barat atau melanjutkan periode kedua sebagai Walikota Bandung.

Belakangan, nama Emil digadang-gadang sebagai kandidat untuk mengikuti Pilgub DKI 2017. Ia juga diundang dalam penjaringan calon kepala daerah di Partai Gerindra.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menilai, keputusan Ridwan Kamil merupakan hak pribadi. Gerindra pun tak bisa memaksanya. "Hak pribadi dari Pak Emil untuk memilih pengabdian di DKI atau Bandung. Secara psikologis mungkin ia masih merasa ada utang di Bandung dan juga harapan warga cukup besar terhadap Beliau," kata Dasco.

Gerindra sendiri sudah menyiapkan calon yang akan diusung di Pilgub DKI. Dinilai masih ada calon lain yang setara bagusnya dengan Emil. "Kami sudah berjaga, kami juga akan mempersiapkan pesaing atau lawan yang setara bagusnya biar rakyat Jakarta ada pilihan selain incumbent," katanya.

Namun demikian, politikus Gerindra memang menyayangkan keputusan Emil karena figurnya dianggap mampu bersaing dengan petahana, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Hanya Gerindra juga bukan berarti kecewa. (Jr.)**

.

Categories:Politik,
Tags:,