Pasar Tradisional Terbesar di Denpasar Dilanda Kebakaran

Pasar Tradisional Terbesar di Denpasar Dilanda Kebakaran

Para petugas terus berjibaku memadamkan kobaran api di Pasar Badung Denpasar, Bali yang dilanda kebakaran. (foto - ist)

Denpasar - Kebakaran melanda Pasar Badung, sebuah pasar tradisional terbesar di Kota Denpasar, Bali.  Api mulai melalap pasar yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda di Jalan Gajahmada tersebut sekitar pukul 18.30 Wita. 

"Tidak tahu dari mana asalnya, api secara tiba-tiba membesar," kata salah seorang pedagang Pasar Badung, W. Katri, Senin (29/2/2016). Para pedagang pun bahu membahu menyelamatkan barang dagangan mereka dari amukan si jago merah. Sementara itu, 11 mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk memadamkan api. Meski hujan gerimis tengah turun, api yang melahap pasar tersebut belum berhasil dipadamkan.

Menurut Kapolsek Denpasar Barat, Ajun Komisaris Wisnu Wardana, pihaknya belum mengetahui penyebab kebakaran. Saat ini, mereka masih fokus pada penanganan. "Begitu api padam, baru kami fokus pada pencarian penyebab kebakaran," katanya.

Sejauh ini kobaran api terus meluas, bahkan lantai I pasar tradisional tersebut sudah ludes terbakar. Hingga pukul 20.33 Wita api masih belum bisa dipadamkan, dan semua petugas pemadam kebakaran terus berusaha unhtuk menjinakkan api.

Sementara itu, Pemerintah Kota Denpasar berencana akan memindahkan sementara para pedagang Pasar Badung tersebut, yang telah kehilangan kiosnya karena kebakaran.

Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra mengatakan, ada tiga pilihan tempat untuk relokasi sementara pedagang Pasar Badung. "Pilihan tempatnya yang pertama yaitu bekas Tiara Grosir, bekas pasar loak di kawasan Jalan Gunung Agung, dan yang ketiga di lapangan Kompiang Sujana Denpasar,” katanya.

Menurutnya, setelah proses pemadaman api selesai pihaknya akan mengumpulkan berbagai pihak terkait. Salah satunya PD Pasar Kota Denpasar untuk membicarakan langkah selanjutnya. 

"Para pedagang juga akan dibiarkan tenang dulu, kemudian mereka akan membereskan serta merapikan barang-barang milik mereka,” tegas Dharmawijaya, saat memantau langsung proses pemadaman api di Pasar Badung. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,