Provinsi Banten Tuan Rumah Olimpiade Matematika Asia

Provinsi Banten Tuan Rumah Olimpiade Matematika Asia

Provinsi Banten Tuan Rumah Olimpiade Matematika Asia

Serang  -  Kompetisi Olimpiade Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk siswa SD/SDIT/MI tingkat Asia (Asian Science and Mathematics Olyimpiad for Primary School-ASMOPS) yang diikuti tujuh negara akan diselenggarakan di Provinsi Banten sebagai tuan rumah.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Provinsi Banten, Engkos Kosasih Samanhudi di Serang, Kamis (6/11/2014), mengatakan, ASMOPS tahun 2014 akan diselenggarakan di Banten yang mewakili Indonesia. 

Kegiatan tersebut rencananya akan digelar di Anyer, 9-13 November 2014.

"Pada ASMOPS 2014, setiap tim harus menyelesaikan soal eksperimen/eksplorasi yang merupakan soal inovasi, baik masing-masing maupun gabungan antara bidang studi sains dan matematika," kata Engkos didampingi Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dindik Provinsi Banten, Achmad Yani Haerudin.

Menurut Engkos, para peserta diharapkan bisa mengembangkan ilmu pengetahuan yang mereka miliki sekaligus bersosialisasi untuk mempererat hubungan persahabatan dengan peserta-peserta dari negara-negara Asia. 

Rencananya, kompetisi olimpiade tingkat Asia ini akan diikuti sebanyak 212 orang dari tujuh negara yakniMalaysia, Taiwan, Filipina, Nigeria, Thailand, Indonesia, dan Emos perwakilan lembaga pendidikan dari Malaysia.

Menurut Engkos, pada kegiatan kali ini Indonesia mengirimkan sebanyak sembilan tim/orang, dua di antaranya tim perwakilan siswa SD dari Banten.

Tim dari Banten, kata Engkos, hanya mengikuti pertandingan eksibisi  atau  pertandingan uji coba. 

Total tim Indonesia yang mengikuti kompetisi tersebut sebanyak tujuh tim dengan jumlah peserta 28 g siswa dari berbagai provinsi.

"Dua tim dari Banten jumlahnya delapan siswa. Empat siswa di bidang lomba sains, dan empat siswa lainnya di bidang matematika," kata Engkos.(Ode)**

.

Categories:Pendidikan,