Tim Patroli Beri Sanksi pada Pembuang Sampah di Bandung

Tim Patroli Beri Sanksi pada Pembuang Sampah di Bandung

Tim Patroli siap beri sanksi terhadap para pembuang sampah sembarangan di Kota Bandung. (foto - @pdkebersihanbdg)

Bandung - Selama bulan Februari 2016, Perusahaan Daerah (PD) Kebersihan Kota Bandung menangkap sedikitnya 78 pelaku pembuang sampah secara sembarangan di Kota Bandung.

"Terhadap para pelaku pembuang sampah ke sungai maupun di jalan akan dikenai sanksi sosial, yakni fotonya akan diunggah di media sosial," kata Direktur Utama PD Kebersihan Kota Bandung Deni Nurdiana di Balaikota, Jumat (4/3/2016).

Untuk itu, tim patroli sampah setiap malam akan berkeliling, dan apabila menemukan pembuang sampah langsung ditangkap dan difoto. "PD kebersihan hanya bisa memberikan sanksi sosial dan memberikan efek jera dengan memasang foto di Twitter," katanya.

Deni mengatakan, warga yang membuang sampah sembarangan tertangkap di 5 titik kawasan yaitu kawasan Cicadas, Cihampelas, Cibaduyut, Kosambi dan sekitar Jalan Dago. "Para pelaku membuang sampah mulai dari kantong kresek kecil, besar hingga membuang sampah satu mobil pick up sampah dari restoran," tegas Deni.

Sementara itu, pihak PD Kebersihan sendiri akan mengkaji lebih jauh mengenai sanksi sosial tersebut. Apabila memang efektif maka akan dilanjutkan sampai tak ada yang buang sampah ke sungai maupun ke jalan.

"Tim patroli malam hari dilakukan oleh laki-laki, sedangkan pada siang hari perempuan yang bertugas memberikan penyuluhan kepada masyarakat. Mereka bertugas di taman-taman dan pusat keramaian agar tidak membuang sampah sembarangan," katanya.

Menurutnya, orang Bandung lebih jera diberi sanksi sosial daripada bayar denda. Buktinya waktu diberlakukan denda masih banyak pembuang sampah, tapi sejak fotonya diupload di sosmed atau fotonya dipajang di spanduk mereka malu dan jera. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,