Evakuasi Korban KMP Rafelia II yang Tenggelam Dilanjutkan

Evakuasi Korban KMP Rafelia II yang Tenggelam Dilanjutkan

Evakuasi Korban KMP Rafelia II yang Tenggelam Dilanjutkan

Banyuwangi Proses evakuasi dan pencarian penumpang Kapal Motor Penumpang (KMP) Rafelia II yang tenggelam di Selat Bali, sempat dihentikan sementara Jumat kemarin. Namun pencarian penumpang dilanjutkan Sabtu (5 /3/2016) pagi.

Menurut Kepala Cabang ASDP Ketapang Banyuwangi M Yusuf Hadi, tim gabungan diturunkan untuk mencari penumpang yang belum ditemukan.  Terdiri atas personel Polisi Air dan Laut Banyuwangi, petugas dari Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi, serta satu pleton personel Brimob dari Bondowoso dan tim Badan SAR Nasional.

Sementara itu, Humas Pemerintahan Kabupaten Banyuwangi Dini mengatakan, keseluruhan penumpang kapal itu mencapai 80 orang.  "Sejumlah 64 orang di antaranya adalah penumpang, didominasi sopir dan kernet. Sebanyak 16 orang lainnya kru kapal," katanya.

Dari 64 orang penumpang tersebut terdapat 6 orang kadet, siswa magang dari SMK Pelayaran Kalipuro. Akibat kapal tenggelam, seorang Anak Buah Kapal (ABK) yang harus menjalani tindakan khusus, karena mengalami luka patah tumit kaki.

Diberitakan sebelumnya, KMP Rafelia 2 tenggelam saat tengah berlayar dari Pelabuhan Gilimanuk. Pada pukul 12.45 WIB, nahkoda sempat melakukan komunikasi dengan STT Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.  Dia menyebutkan ada indikasi kapal mengalami kemiringan 10 derajat. Kapal pun  disarankan menuju pantai terdekat. 

Sementara pukul 12.50 WIB, nahkoda meminta izin berlabuh. Namun, dalam perjalanannya pukul 13.09 WIB Kapal Rafelia II tenggelam. Lokasi tenggelamnya kapal berada sekitar 250 meter dari bibir pantai Banyuwangi. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,