Jupiter, Bumi, Bulan dan Meteor 'Sejajar' Saat Gerhana

Jupiter, Bumi, Bulan dan Meteor 'Sejajar' Saat Gerhana

Jupiter, Bumi, Bulan dan Meteor 'Sejajar' Saat Gerhana. (foto - ilustrasi)

California - Berdasarkan pernyataan dari Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), fenomena alam yang terjadi pada tanggal 9 Maret 2016 tidak hanya terjadi gerhana matahari total. Namun beberapa planet juga akan berada sejajar saat terjadinya gerhana tersebut.
 
Antara lain, gerhana matahari sempurna tersebut akan ditandai pula oleh Jupiter yang juga akan berada segaris dengan gerhana. Dengan demikian, Jupiter, Bumi dan Bulan dalam kondisi berbaris atau sejajar pada saat gerhana Matahari total.
 
Sebagaimana dilaporkan KTUU, Selasa (8/3/2016), penduduk Alaska akan memiliki kesempatan untuk melihat posisi Jupiter yang spesial. 
 
Pada intinya, akan terbentuk barisan yang sejajar di antara Jupiter, Bumi, dan Matahari sebelum gerhana terlihat di kawasan Asia Tenggara.  
 
Jupiter juga akan berada di titik terdekat dengan Bumi dan akan terlihat lebih besar di langit. Jupiter tersebut mendominasi langit malam selama satu bulan, muncul dari Matahari terbenam hingga terbit. 
 
Lihatlah ke arah timur saat Matahari terbenam, Jupiter akan menjadi benda paling terang di langit. Pada waktu yang tak jauh berbeda, NASA juga memperkirakan akan ada asteroid yang mendekati Bumi. Asteroid 2013 TX68 diramalkan akan berada pada jarak 3 juta mil dari Bumi. (Jr.)**
.

Categories:Infotech,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait