WADA Nyatakan Meldonium Terlarang di Dunia Olahraga

WADA Nyatakan Meldonium Terlarang di Dunia Olahraga

WADA Nyatakan Meldonium Terlarang di Dunia Olahraga

Los Angeles - Olahraga tenis dunia dikejutkan oleh peraih lima gelar juara Grand Slam, Maria Sharapova. Sharapova terkena sanksi dari Federasi Tenis Internasional (ITF), karena terbukti mengonsumsi doping jenis Meldonium. Petenis 28 tahun itu akan terkena sanksi mulai 12 Maret 2016.
 
Institusi Nasional Kesehatan Amerika Serikat menyebutkan rangkumannya dari Yahoo, Selasa (8/3/2016) Meldonium adalah obat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mempercepat proses istirahat tubuh, mengurangi stres dan mempercepat kerja sistem saraf pusat.
 
Oleh karena itu, Badan Anti-Doping Dunia (WADA) menyatakan sejak 1 Januari 2016 obat jenis Meldonium dilarang digunakan. Menurut WADA obat terebut bersifat sama layaknya doping, menstimulus beberapa organ tubuh dan pikiran sehingga menimbulkan rasa tidak cepat lelah.
 
Sharapova mengenal Meldonium sebagai obat untuk mengatasi masalah kesehatan yang kerap dirasakannya. Ia sudah menggunakannya sejak 2006 yang diberikan oleh dokter keluarganya. "Saya kerap merasa kondisi badan saya tidak enak. Saya juga kekurangan magnesium dan memiliki riwayat diabetes dari keluarga saya," aku Sharapova saat menjelaskan mengenai alasan dirinya mengonsumsi Meldonium.
 
Meldonium merupakan jenis obat-obatan yang sudah sering digunakan di kawasan Eropa Utara, khususnya Latvia. Namun, di Amerika Serikat jenis obat ini telah dilarang digunakan pada makanan dan dijual bebas. (Jr.)**
.

Categories:Olahraga,
Tags:,