Warga Padati Boscha Lembang Meski Hanya 88 Persen GMT

Warga Padati Boscha Lembang Meski Hanya 88 Persen GMT

Kepadatan warga di Boscha Lembang melihat gerhana Matahari meski hanya 88 persen. (foto - ist)

Bandung - Sejak sekitar pukul 03.00 dinihari tadi, Observatorium Boscha Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat sudah dipadati ribuan orang guna menyaksikan proses gerhana matahari total. Mereka tetap antusias melihat fenomena alam yang langka tersebut, meski hanya tampak 88 persen.

Mereka yang sebagian besar warga Bandung itu mengaku sudah berada di Observatorium Boscha, sejak pukul 03.30 dinihari  WIB. Padahal, proses gerhana Matahari sebagian yang melintasi wilayah Lembang tersebut, terjadi mulai pukul 06.20 hingga 08.20 WIB.

"Saya sengaja datang lebih cepat agar dapat parkiran dan dapat tempat untuk melihat gerhana matahari secara leluasa," kata Fani di Observatorium Boscha Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (9/3/2016). Sejak pukul 03.30 pagi tadi, area parkiran di Observatorium Bosscha memang sudah penuh dengan kendaraan roda dua dan roda empat.

Sementara pengamatan Gerhana Matahari Sebagian oleh tim astronom dari Observatorium Boscha sendiri dilakukan di taman terbuka. Observatorium Boscha meminjamkan sebanyak 100 kacamata matahari untuk pengunjung yang menyaksikan "Gerhana Matahari Sebagian" dengan aman.

Namun demikian karena persediaan kacammata tersebut terbatas, pihak Boscha menganjurkan penggunaan kacamata khusus itu secara bergantian, dengan harga Rp 25 ribu. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,