Ratusan Rumah Padat Penduduk di Samarinda Ludes Terbakar

Ratusan Rumah Padat Penduduk di Samarinda Ludes Terbakar

Ratusan rumah di permukiman padat penduduk di Samarinda ludes terbakar. (foto - ilustrasi)

Samarinda - Kebakaran melanda ratusan rumah di Jalan Slamet Riyadi, Kelurahan Karang Asam Ilir, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis (10/3/2016) malam. Kebakaran yang menghanguskan rumah warga di empat RT itu terjadi sekitar pukul 18.45 Wita.

"Total jumlah rumah yang hangus terbakar belum bisa kami prediksi, yang jelas kebakaran terjadi mulai dari gang 2 sampai gang 6 Jalan Slamet Riyadi," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Samarinda, Makmur Santoso.

Dalam kejadian itu puluhan mobil pemadam kebakaran baik dari BPBD Kota Samarinda, PMK, Balakar, dan pemadam dari pihak swasta dikerahkan ke lokasi. Namun, petugas kesulitan memadamkan kobaran api karena banyak warga yang berkerumun. Akses menuju titik api pun sempit dan rumah yang terbakar umumnya terbuat dari kayu.

Kobaran api baru bisa dipadamkan oleh petugas selama tiga jam. "Kobaran api padam sekitar pukul 22.00 Wita. Kami belum bisa memastikan jumlah rumah yang hangus terbakar. Yang jelas lebih dari 50 unit. Saat ini, petugas masih berupaya mendinginkan lokasi agar api tidak berkobar kembali," katanya.

Api diduga berasal dari rumah salah seorang warga di Gang 2. Api lalu merembet ke rumah lainnya.Menurut saksi mata, kemungkinan rumah yang terbakar mencapai ratusan karena kawasan yang terbakar cukup luas, dan merupakan kawasan permukiman padat dengan jarak rumah saling berdekatan. Kebakaran yang terjadi di RT 16, 31, 32, dan RT 33 itu juga menghanguskan bangunan Taman Kanak-kanak Latifah dan Musala Al Amin. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,