6 Pencuri Kabel Gorong-gorong di Dekat Istana Diringkus

6 Pencuri Kabel Gorong-gorong di Dekat Istana Diringkus

Enam pencuri kabel di gorong-gorong di dekat Istana Merdeka berhasil diringkus. (foto - ist)

Jakarta - Sebanyak enam orang dan berprofesi sebagai pemulung diringkus Polda Metro Jaya, terkait dengan aksi pencurian kabel di gorong-gorong dekat Istana, tepatnya di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

]"Ada enam orang tersangka yang berhasil ditangkap, mereka profesinya sebagai memulung," kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Tito Karnavian di kantornya, Jakarta, Jumat (11/3/2016).

Menurut Tito, keenam pelaku tersebut sengaja mencuri kabel di bawah tanah dengan memanfaatkan kelalaian pihak pemilik kabel. Di mana di bawah gorong-gorong itu adalah kabel milik beberapa instansi, yang sengaja tak diangkat lantaran biaya yang cukup tinggi.

"Perusahaan juga menganggap itu tidak memiliki nilai ekonomis lagi, dan juga tidak diangkat karena memakan biaya tinggi. Itu jadi membuka potensi baru yang diambil oleh kelompok tertentu," katanya.

Dikatakan, enam pelaku itu sudah mencuri rangkaian kabel sejak delapan bulan lamanya. "Yang diambil itu di bagian dalamnya kabel. Ada timah, tembaga dan besi. Kalau tembaga harganya bisa di atas Rp 40 ribu, timah Rp 12 ribu per kilogram, kalau besi paling murah harganya paling Rp 3 ribuan," tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,