Pengendara Parkir Sembarangan Siap-siap Saja 'Dipermalukan'

Pengendara Parkir Sembarangan Siap-siap Saja 'Dipermalukan'

Walikota Bandung Ridwan Kamil memperlihatkan stiker 'mempermalukan' untuk ditempel di kendaraan parkirk di sembarang tempat. (foto - ist)

Bandung - Para pengendara yang memarkirkan kendaraannya secara sembarangan di Kota Bandung akan dibuat malu. Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung akan memasang stiker khusus yang sudah disiapkan, yang ditempel pada kendaraan yang diparkir di tempat tidak semestinya.

Program 'mempermalukan' para pelanggar parkir itu pun diluncurkan di Stadion Persib, Kota Bandung, Jumat (11/3/2016, setelah peluncuran e-ticketing untuk bus Trans Metro Bandung (TMB).

"Program ini memang ide saya yang sebelumnya belum terlaksana. Mereka yang parkir sembarangan sekarang ini tidak hanya digembok, tetapi juga ditempeli stiker pada kendaraannya," kata Walikota Bandung Ridwan Kamil.

Lewat cara seperti itu, warga diharapkan benar-benar menaati peraturan lalu lintas, khususnya dalam memarkirkan kendaraannya di tempat yang benar. Dua cara sengaja ditempuh agar pelanggar merasa jera.

Dengan kendaraannya digembok, maka pemilik kendaraan harus mengurusnya ke Kantor Dishub. Denda pun sudah pasti harus dibayar pelanggar. Sedangkan stiker adalah untuk memberi efek jera lewat rasa malu. Sebab stiker itu dirancang agar susah dibuka setelah ditempel.

Sementara itu, Emil, sapaan akrabnya sempat melakukan uji coba dengan menempelkan stiker terhadap salah satu mobil operasional Dishub. Stiker tersebut ditempel pada bagian kaca depan.

Ada dua stiker yang dijadikan contoh. Namun salah satu stiker mudah dicopot, sedangkan satu stiker lagi relatif susah dilepas. "Nanti pakai yang (sulit dilepas) ini saja," kata Emil sambil menunjuk stiker yang diinginkannya.

Penerapan sanksi 'mempermalukan' pelanggar parkir itu akan diterapkan sesegera mungkin. Stiker pun dipilih yang terbaik agar pelanggar malu kendaraannya ditempeli stiker bukti dia melanggar.

Stikernya sendiri bertuliskan 'Pelanggaran. Anda Parkir di Tempat yang Salah dan Menyebabkan Kemacetan yang Memberikan Dampak: BBM Terbuang Percuma, Efisiensi Kerja yang Terganggu, Pencemaran Lingkungan'. Seluruh tulisan dalam stiker itu berwarna merah agar terlihat mencolok. Sedangkan bagian dasarnya berwarna putih. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,