Investor Belgia Lirik Konsep Smart City Kota Bandung

Investor Belgia Lirik Konsep Smart City Kota Bandung

Delegasi Kerajaan Belgia dipimpin Putri Astrid, adik Raja Phillipe berserta 300 delegasi kalangan bisnis Belgia jajaki kerja sama dengan Indonesia. (foto - ist)

Jakarta - Pemerintah Indonesia menyambut baik kedatangan Delegasi Kerajaan Belgia yang dipimpin Putri Astrid, adik Raja Phillipe beserta 300 delegasi dari kalangan pengusaha Belgia. Kunjungan itu diharapkan dapat mempererat hubungan bilateral, terutama kerja sama di bidang ekonomi. Rencananya, delegasi ini juga akan mengunjungi Bogor dan Bandung.
 
Menurut Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi, Indonesia termasuk salah satu basis pintu produksi dan pintu masuk barang-barang Belgia ke Asia Tenggara. Nilai transaksi perdagangan Indonesia dan Belgia tahun 2015 mencapai 1,67 miliar doar AS, sedangkan nilai investasi sekitar 7 juta dolar AS. "Presiden menyepakati peningkatan hubungan ekonomi, terutama di bidang perdagangan dan investasi," kata Retno di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (15/3/2016).
 

Sebelumnya dikabarkan, kalangan pengusaha Belgia tengah mempersiapkan investasi untuk menanamkan modalnya di Jawa Barat, khususnya di Kota Bandung, Bogor dan Karawang. Ketertarikan kalangan investor Belgia tersebut, terutama setelah melihat konsep smart city yang diusung Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

 

"Kami t
elah mengincar dan sedang mempersiapkannya untuk Bandung, Bogor, dan Karawang pada Maret 2016 ini," kata Sekretaris Negara Belgia Pieter De Crem. Terlebih lagi, sejumlah sarana transportasi dan teknologi informasi tengah dikembangkan di wilayah itu, seperti pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung.
 
 
"Di Bandung kami tertarik dengan konsep smart city-nya. Sedangkan Bogor dan Karawang, mayoritas pengusaha Belgia tertarik untuk berinvestasi di sektor pertanian dan industri manufaktur. Salah satunya kelompok usaha Etex asal Belgia resmi membuka pabrik keduanya di Karawang, di Bogor kita juga tertarik dengan pertaniannya," katanya.
 
Rombongan pemerintah dan pengusaha asal Belgia yang dipimpin oleh Putri Astrid ituj, melakukan kunjungan ke Indonesia pada 14-18 Maret 2016. Terdiri atas 301 delegasi dan 127 perusahaan Belgia, yang akan menjajaki kesempatan kerja sama dengan Indonesia. Rencananya ada lebih dari 500 pertemuan, seminar dan berbagai acara dalam kunjungan tersebut.
 
Sementara itu, Deputi Perdana Menteri Belgia, Didier Reynders mengatakan, dirinya percaya misi ekonomi ini akan menghasilkan kerja sama yang positif. Khususnya di bidang pertanian, transportasi, kelautan, energi, minyak dan gas dan teknologi. "Dengan 301 peserta delegasi, ini merupakan misi ekonomi Belgia ke Indonesia terbesar untuk memperkuat hubungan kerja sama antarkedua negara," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Info Bisnis,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait