Massa Pendukung La Nyalla Gelar Demo di Kejati Jatim

Massa Pendukung La Nyalla Gelar Demo di Kejati Jatim

Demo pendukung La Nyalla di depan kantor Kejati Jatim, Rabu (16/3/2016) petang. (foto - detikcom)

Surabaya - Massa kader ormas Pemuda Pancasila (PP) menggelar demo di depan kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur (Jatim) di Jalan Ahmad Yani Surabaya. Mereka melakukan demo setelah pihak Kejati Jatim menetapkan La Nyalla Mattalitti menjadi tersangka, atas kasus dugaan korupsi IPO Bank Jatim senilai Rp 5,3 miliar.

Ratusan kader PP tersebut geruduk Kantor Kejati Jatim, sekitar  pukul 17.00 WIB. Sambil mengenakan seragam Ormas PP, mereka menggelar orasi di halaman Kantor Kejati Jatim. Massa menanyakan terkait penetapan tersangka La Nyalla Mattalitti.

"Ada apa dengan Pak Maruli (Kajati Jatim Maruli Hutagalung). Kenapa dengan ketua kami. Ini ada konspirasi politik," kata Basuki, salah seorang pendemo di halaman Kejati Jatim, Rabu (16/3/2016).

Ia menuntut kepada pihak Kejati untuk mencabut status tersangka terhadap La Nyalla Mattalitti. Menurutnya, penetapan itu sarat dengan muatan politis. Basuki juga menyebut, pihaknya bersama ratusan kader PP akan bertahan di halaman Kejati Jatim, sambil menunggu kader yang lain datang.

Massa meminta Kejaksaan Tinggi untuk segera mencabut penetapan tersangka terhadap La Nyalla Mattalitti. "Kami meminta kejaksaan untuk mencabut penetapan tersangka ketua kami, karena ada indikasi politis," tegasnya.

Hingga petang massa pendukung La Nyalla masih bertahan di depan kantor Kejati Jatim. Sedangkan petugas kepolisian tetap bersiaga penuh. Dua unit mobil water cannon, juga sudah disiapkan menghadap ke para pendemo.

La Nyalla ditetapkan sebagai tersangka kasus pembelian IPO Bank Jatim sebesar Rp 5,3 miliar dengan menggunakan dana hibah untuk Kadin. Menurut penyidik, pembelian IPO untuk kepentingan pribadi dan menggunakan dana APBD merupakan pelanggaran. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,