62 Orang Tewas, FlyDubai Jatuh dan Terbakar di Rusia

62 Orang Tewas, FlyDubai Jatuh dan Terbakar di Rusia

Pesawat FlyDubai jatuh di dekat Bandara Rostov on Don, Rusia yang menewaskan 62 orang. (foto - ©Dailymail.co.uk)

Rostov on Don - Sedikitnya 62 orang tewas saat pesawat penumpang FlyDubai Boeing 737 dengan nomor penerbangan FZ981 yang dioperasikan maskapai Emirat, jatuh dan terbakar saat akan mendarat di Rusia bagian selatan. Pesawat itu diketahui bertolak dari Dubai, untuk selanjutnya mendarat di Bandara Rostov on Don, Rusia.

Seperti dilansir AlJazeera, Sabtu (19/3/2016) pesawat FlyDubai yang mengalami insiden itu merupakan armada yang tergolong masih berusia muda, yang mulai terbang pada pertengahan 2009. Pihak FlyDubai mengakui adanya insiden itu, dan hingga kini masih melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Sementara halaman depan website perusahaan penerbangan itu untuk sementara diblokir untuk pemesanan tiket. Belum diketahui penyebab pasti pesawat itu bisa mengalami kecelakaan. Namun, dugaan sementara yang disampaikan pejabat setempat, karena faktor cuaca yang buruk.

Disebutkan, data cuaca dari lokasi jatuhnya pesawat menunjukkan, angin kencang terjadi 14-22 meter per detik saat kecelakaan. Selain itu, ada hujan ringan. Pesawat disebutkan jurnalis Al Jazeera, Hoda Abdel-Hamid langsung dari Moskow, berputar di udara selama sekitar dua jam untuk berusaha mendarat. Pada upaya pendaratan yang kedua, pesawat itu ternyata jatuh.

Dari data kontrol lalu lintas udara dan layanan darurat lokal, FlyDubai yang mengalami kecelakaan dilacak Radar Penerbangan 24, membuat jumlah putaran yang banyak dekat Bandara Rostov on Don.

Sementara itu kantor berita resmi TASS melaporkan, para korban tewas terdiri atas 55 orang penumpang, dan tujuh orang awak. "Sebuah Boeing 737 jatuh ke tanah. Ada 62 orang di dalamnya. Mereka semua tewas," kata juru bicara dari kementerian setempat.

Dalam penanganan insiden tersebut, pemadam kebakaran sendiri disebutkan butuh waktu satu jam untuk menguasai api, yang membakar sekujur tubuh pesawat FlyDubai. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,