FlyDubai Sempat Terlacak 2 Jam Sebelum Ada Ledakan

FlyDubai Sempat Terlacak 2 Jam Sebelum Ada Ledakan

FlyDubai Sempat Terlacak 2 Jam Sebelum Terdengar Ledakan. (foto - ist)

Rostov on Don - Tragis upaya pendaratan pesawat FlyDubai dengan nomor penerbangan FZ981 meledak dan meluncur cepat menjelma menjadi bola api, sesaat setelah menyentuh landasan di dekar Bandara Rostov on Don, Rusia.

Dilapokan situs BBC, Sabtu (19/3/2016) pesawat itu gagal mendarat sekitar pukul 03.50 waktu setempat atau 00.50 GMT. Sebelum berakhir nahas, FlyDubai sempat melakukan sejumlah manuver loop, juga sempat kehilangan kecepatan dan ketinggian.

Pergerakan yang dilakukan pesawat sebelum jatuh dimonitor situs pelacakan penerbangan Flightradar24. Juru bicara Flightradar24 Ian Petchenik mengatakan, pesawat  Boeing 737-800 itu sempat mencoba mendarat pada pukul 22.31 GMT.

"Berdasarkan data kami, pesawat itu terlihat berusaha mencoba untuk melakukan pendaratan," katanya kepada situs KVOAUpaya pertama gagal dan kembali mengudara untuk kemudian mencoba landing kembali pada 00.28 GMT. Data terakhir terkait penerbangan tersebut adalah pada 00.41, yang selanjutnya FlyDubai putus kontak.

Dugaan sementara, faktor cuaca menjadi pemicu kecelakaan pesawat yang datang dari Dubai itu. Cuaca digambarkan buruk saat FlyDubai FZ981 yang mengangkut 62 penumpang itu celaka. Wilayah Rostov on Don tengah diguyur hujan dengan kecepatan angin mencapai 50 km/jam.

Penumpang seluruhnya warga Rusia

Pihak FlyDubai mengonfirmasi, pesawat yang celaka di Rusia memang bagian dari armadanya. "Pikiran dan doa kami tercurah pada para penumpang dan awak yang ada di dalam pesawat," demikian pernyataan pihak maskapai penerbangan murah yang berpusat di Dubai itu.

Sementara itu, Otoritas Rusia mengonfirmasi, semua penumpang yang berada di dalam pesawat adalah warga Rusia. Sedangkan awak pesawat orang asing," kata RIA Novosti, Juru Bicara Kementerian Darurat Rusia.

Berdasarkan investigasi sementara, ledakan terdengar sesaat setelah pesawat jatuh. Diduga, penyebab kecelakaan karena hujan lebat. "Menurut informasi awal, Boeing 737 jatuh di tengah kondisi visibilitas rendah 50-100 meter (164-328) meninggalkan landasan pacu,” kata RIA Novosti.

Pihak FlyDubai sesaat setelah kejadian berjanji ikut menyelidiki penyebab kecelakaan. "Kami menyadari insiden yang menimpa FlyDubai dengan nomor penerbangan FZ981 dari Dubai ke Rostov on Don, Rusia. Kami sedang menyelidiki rincian lebih lanjut dan akan mempublikasikan update informasi," sebutnya. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,