Unpad Bandung Tetap Primadona pada SNMPTN 2016

Unpad Bandung Tetap Primadona pada SNMPTN 2016

Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung yang berada di Kampus Jatinangor Kabuaten Sumedang. (foto - ist)

Bandung - Pada jalur Seleksi Nasional Masuk Pergurruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung tetap menjadi primadona siswa SMA/sederajat sebagai tempat untuk kuliah. Lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), setiap tahun puluhan ribu calon mahasiswa mendaftar ke kampus yang berada di kawasan Jatinangor, Sumedang ini. 
 
Pada SNMPTN 2016 ini, Unpad menduduki posisi pertama sebagai perguruan tinggi yang paling banyak diminati calon mahasiswa. Tidak kurang dari 74.159 calon mahasiswa dari seluruh Indonesia, mendaftarkan diri melalui jalur undangan tersebut.
 
Posisi Unpad berada di atas Universitas Gajah Mada (UGM). Kampus kebanggaan Yogyakarta itu hanya berhasil menarik 66.748 calon peserta pada jalur SNMPTN. Selain Unpad dan UGM, PTN di Jawa yang sering menjadi favorit calon mahasiswa adalah Universitas Brawijaya (64.653 pendaftar).
 
Sementara yang lainnya, yakni Universitas Diponegoro (58.789 pendaftar), Universitas Negeri Semarang (52.121 pendaftar), Universitas Pendidikan Indonesia (51.748 pendaftar), Universitas Sebelas Maret (50.673 pendaftar) dan Universitas Negeri Yogyakarta (45.690 pendaftar).
 
Sementara itu, PTN di luar Jawa yang juga berhasil menarik banyak peserta untuk mendaftar di jalur SNMPTN, yakni Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Universitas Sumatera Utara (USU). Unhas dipilih oleh 47.463 peserta, sedangkan USU diminati sebanyak 61.464 calon mahasiswa. (Jr.)**
.

Categories:Pendidikan,
Tags:,