Potensi Kopi Kab Bandung Ada di 10 Kecamatan

Potensi Kopi Kab Bandung Ada di 10 Kecamatan

Kepala Dinas Perkebunan dan Pertanian Kabupaten Bandung, Tisna Umaran. (Foto : ADE)

Bandung – Adanya Bandung Coffee Festival ternyata membawa keuntungan baik bagi para produsen dan konsumen kopi dari berbagai negara. Adanya masukan dan perlunya perbaikan bagi pengelolaan Kopi asal Kabupaten Bandung ditanggapi positif oleh Kepala Dinas Perkebunan dan Pertanian Kabupaten Bandung, Tisna Umaran.

 

Menurut pengakuan Kepala Dinas Perkebunan dan Pertanian Kabupaten Bandung, Tisna Umaran, potensi kopi Kabupaten Bandung akan terus dikembangkan guna memenuhi permintaan pasar internasional yang setiap tahunnya meningkat.

 

“Potensi kopi yang ada di Kabupaten Bandung itu tersebar di 10 Kecamatan diantaranya ; Pangalengan, Ciwidey, Pasir Jambu, Ranca Bali, Cimaung, Cikancung, Ibun, Paseh, Kertasari, dan Pacet,” aku Tisna Umaran di Bandung Coffee Festival, Jumat (7/11/2014).

 

Tisna Umaran menambahkan, dari perkebunan kopi yang tersebar di 10 Kecamatan di Kabupaten Bandung luasnya ada sekitar 10.013 hektar dengan jumlah pemilik sebanyak 14.599 orang dengan jumlah pekerja 7.234 orang.

 

“Jika perkebunan kopi di Kabupaten Bandung luasnya terus bertambah, maka akan lebih banyak lagi tenaga kerja yang dibutuhkan. Jika kopi bisa jadi komoditi terbaik Kabupaten Bandung maka para pengangguran bisa terserap,” tambahnya.

 

Kopi Kabupaten Bandung saat ini sudah terkenal ke Maroko, Korea Selatan dan beberapa negara di Eropa. Harga kopi Kabupaten Bandung pun kini bisa bersaing dengan produk kopi internasional seperti dari Afrika.(Ode)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,