Polda Metro Ringkus 83 Orang Terkait Demonstrasi Taksi

Polda Metro Ringkus 83 Orang Terkait Demonstrasi Taksi

Sebanyak 83 pendemo dan sopir ojek online diamankan oleh Polda Metro Jaya. (foto - ist)

Jakarta - Sedikitnya 83 pendemo dan sopir ojek online diringkus untuk diamankan di Pola metro Jaya, terkait aksi unjuk rasa para sopir angkutan umum taksi, bajaj dan angkot. Mereka diamankan karena melakukan sweeping rekan sesama sopir taksi, dan memaksa agar tidak beroperasi.

"Sebanyak 83 orang itu terdiri atas kedua belah pihak," kata Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi, Moechgiyarto di Mapolda Metro Jaya, Selasa (22/3/2016).

"Gedor-gedor taksinya itu kan sudah melakukan perbuatan anarkis. Lalu mereka memaksa untuk tidak beroperasi. Itu perbuatan yang melanggar hukum makanya kita amankan. Lalu ada dari sopir transportasi  online, yang terbukti melakukan aksi balasan anarkis," katanya.

Menurut  Moechgiyarto, ke-83 orang yang diamankan tersebut jika nanti memenuhi syarat lalu konstruksi hukumnya terbangun dan dua alat bukti dipenuhi, maka akan diproses melalui sistem peradilan pidana.

Sementara untuk mengantisipasi adanya aksi balas dendam akibat aksi anarki, mantan Kapolda Jawa Barat itu siap mengundang perwakilan dari transportasi online dan taksi. "Nanti kita akan kumpulkan mereka, yakni pihak dari Gojek dan taksi," katanya.

Apabila nanti ada oknum sopir yang diam-diam melakukan aksi anarki lanjutan, maka intelijen akan mencari para oknum itu. "Itu yang justru kita cari oleh intelijen. Sementara ini yang kita lihat korlap (koordinator lapangan)," tegasnya

Sebelumnya diberitakan, aksi unjuk rasa yang digelar Paguyuban Pengemudi Angkutan Darat (PPAD) dari pagi hingga sore hari. Aksi sempat diwarnai keributan antara sopir taksi dan pengemudi ojek online. Mereka terlibat aksi saling serang dan saling sweeping.

Akibat demo tersebut, kemacetan panjang melanda sejumlah jalan protokol di Jakarta. Masyarakat pengguna angkutan umum kehilangan akses transportasi. Banyak dari mereka terpaksa harus berjalan kaki menuju tempat kerja. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,