Transportasi Lumpuh Bom Brussels Tewaskan 34 Orang

Transportasi Lumpuh Bom Brussels Tewaskan 34 Orang

Pihak kepolisian setempat memblokir jalan-jalan di Brussels, sehingga transportasi umum pun lumpuh. (foto - bbc.com)

Brussels - Korban tewas akibat ledakan bom yang mengguncang terminal keberangkatan Bandara Zaventem dan stasiun kereta bawah tanah Metro Maelbeeck di Brussels terus bertambah hingga mencapai 34 orang. Sementara ratusan korban lainnya mengalami luka-luka.

Sebagaimana dilansir Telegraph, Selasa (22/3/2016) sebanyak 14 korban tewas saat bom meledak di Bandara Zaventem, dan 20 orang tewas dalam ledakan bom di stasiun kereta bawah tanah Maelbeeck

Sementara berdasarkan laporan Reuters, keterangan dari Kementerian Kesehatan Belgia menyebutkan, 11 orang tewas dalam ledakan di bandara dan 15 lainnya tewas dalam ledakan di stasiun kereta. Akibat peristiwa itu sistem transportasi Brussels dihentikan untuk sementara waktu, dan tingkat kewaspadaan ibukota Belgia itu ditingkatkan ke level tertinggi.

Sejauh ini, belum ada pihak yang menyatakan bertanggung jawab atas kedua serangan ledakan bom tersebut. Namun, penangkapan salah seorang tersangka utama teror Paris Salah Abdelslam pada Jumat lalu di Molenbeeck, Brussels, diduga memiliki keterkaitan dengan peristiwa tersebut.

Seluruh transportasi umum diberhentikan

Sementara itu, terkait dengan peristiwa ledakan dua bom tersebut pihak berwenang langsung menutup semua transportasi umum di Brussels. Warga yang berada di dekat lokasi kejadian diperingatkan, untuk sementara waktu agar berdiam diri di rumah masing-masing.

Pihak operator kereta Eurostar mengatakan, saat ini tidak ada kereta yang mengarah ke atau dari Stasiun Midi Brussels. Para penumpang disarankan untuk menunda perjalanan dan layanan kereta berakhir sampai di Lille, Perancis.

Dilaporkan Mirror, otoritas transportasi Brussels mengatakan kereta api, penerbangan dan transportasi umum lainnya langsung diberhentikan setelah terjadi ledakan di bandara dan stasiun kota.

Rekaman tempat kejadian menunjukkan, para penumpang berjalan di tengah asapyang tampak mengepul dari gedung stasiun tersebut. Diketahui, Stasiun Metro Maelbeeck berdekatan dengan gedung Uni Eropa. Sementara seorang juru bicara di Bandara Heathrow menyatakan, usai serangan teror di Brussels pagi itu, petugas kepolisian terus meningkatkan keamanan. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,