Polisi Tetap Sidik Kasus Zaskia Gotik Meski Gugatan Dicabut

Polisi Tetap Sidik Kasus Zaskia Gotik Meski Gugatan Dicabut

Zaskia Gotik

Jakarta - Kendati LSM  Komunitas Pengawas Korupsi telah mencabut gugatan dugaan penghinaan lambang negara yang dilakukan Zaskia Gotik, kasus itu tetap bergulir di Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya.

Menurut Kanit I Subdit Cyber Crime Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya, Kompol Nico Setiawan jajarannya tetap menyidik Zaskia Gotik, karena penyidikan yang berlangsung saat  ini merupakan hasil temuan oleh penyidik. "Ini temuan kita jadi tidak ada pengaruh. Ini hasil penyelidikan cyber crimebukan delik aduan," katanya.

Sejauh ini, penyidik tetap fokus dengan dugaan adanya tindakan penghinaan lambang negara  yang dilakukan  Zaskia di media televisi. "Kita fokus laporan ZG itu. Ada 3 UU, yaitu UU Nomor 24 Tahun 2009, pasal KUHP dan UU ITE," tegas Nico.

Meski sudah meminta keterangan dari beberapa saksi, penyidik belum bisa mengambil kesimpulan apakah Zaskia terbukti menghina atau tidak.  "Kita belum bisa simpulkan terlibat atau tidak," tambahnya.

Sebelumnya, gugatan terhadap Zaskia Gotik mengenai penghinaan lambang negara Indonesia dicabut oleh Ketum LSM KPK, Muhammad Firdaus, Rabu 23 Maret 2016 di kantor Nagaswara, Menteng, Jakarta Pusat. Kesepakatan itu dianggap karena kodrat Zaskia sebagai seorang wanita.

"Karena ibu saya yang meminta. Zaskia ini perempuan, perempuan tempatnya salah. Banyak kesalahan. Saya ajak untuk ikrar di Monumen Pancasila Sakti, TMII. Kalau perlu para pendukung acara Dahsyat dan tim kreatif buat ikrar," katanya.
 
Zaskia pun berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya, dan ke depannya akan menjaga tingkah laku. "Insya Allah, neng akan menjaga lebih baik lagi. Neng tidak akan mengulangi ini untuk kedua kalinya.  Makasih kesempatannya," tutur Zaskia.
 
Pencabutan ke Polda Metro Jaya juga akan dilakukan pada tanggal 20 April 2016 mendatang. "Nanti akan disepakati lewat nota kesepakatan antara Zaskia, LSM dan CEO Nagaswara," kata kuasa hukum Zaskia, Edy Ribut. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,