Legenda Sepakbola Johan Cruyff Meninggal Dunia

Legenda Sepakbola Johan Cruyff Meninggal Dunia

Legenda Sepakbola Timnas Belanda dan Barcelona Johan Cruyff

Barcelona - Legenda Timnas Belanda dan Barcelona Johan Cruyff dikabarkan meninggal dunia, dalam usia 68 tahun karena penyakit kanker paru-paru yang dideritanya. Cruyff meninggal dengan damai di Barcelona, yang didampingi oleh seluruh keluarganya.

Menurut kicauan Guardian lewat akun twitternya, Cruyff divonis mengidap kanker paru-paru sejak Oktober lalu. Sayang, setelah berjuang sekitar lima bulan, Cruyff akhirnya harus menyerah melawan penyakitnya itu.

Atas meninggalnya Cruyff jelas menjadi kehilangan besar bagi dunia sepakbola. Sebab, ketika masih aktif sebagai pemain Cruyff dikenal sebagai salah satu pemain terbaik yang ada di muka bumi. Mengawali karier sepakbolanya bersama Ajax Amsterdam pada 1957, sukses memberikan delapan trofi Liga Belanda dan tiga gelar Piala Eropa (sekarang) Liga Champions.

Sementara itu, bersama Barcelona, Johan Cruyff juga sukses menyumbangkan trofi La Liga pada 1973--1974. Ia baru meraih sukses besar di Barca ketika menjabat sebagai pelatih, di mana ia memberikan empat titel La Liga dan Piala Eropa 1991-1992.

Di level klub timnas, Cruyff sukses mengantar Belanda jadi runner up Piala Dunia tahun 1974 dan juara tiga pada Piala Eropa 1976. Serangkaian gelar individu berhasil diraihnya selama karienya di sepakbolar. Sebagai pemain, ia tiga kali merebut trofi ballon d'Or (1971, 1973, dan 1974). Sementara saat jadi pelatih, ia juga sukses menyandang predikat pelatih terbaik dunia 1991 dan 1992. (Jr.)**

.

Categories:Sepak bola,
Tags:,