Atasi Sampah di Sungai Cikapundung Harus Berkelanjutan

Atasi Sampah di Sungai Cikapundung Harus Berkelanjutan

Tumpukan sampah di hilir Sungai Cikapundung, Kampung Cijagra, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung. (foto - ist)

Bandung - Tumpukan sampah yang berada di hilir Sungai Cikapundung, Kampung Cijagra, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung tampaknya kian menjadi. Untuk itu, pemerintah sepakat untuk mengatasi sampah yang ada di anak Sungai Citarum tersebut.

"Kita selesaikan secara tuntas dan berkelanjutan, bukan hanya sebatas seremoni," kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat meninjau wilayah tersebut, Jumat (25/32016).Turut serta dalam kunjungan Wagub Jabar Deddy Mizwar, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Hadi Prasojo, Wakil Walikota Bandung Oded M Danial, Wabup Bandung Gungun Gunawan serta beberapa dinas terkait lainnya.

Menurut Aher, masalah tumpukan sampah di beberapa sungai di Bandung Raya tidak lepas dari ulah warga. Percuma saja jika pemerintah mengeruk sampah, tetapi warga tetap membuang sampah sembarangan. "Untuk mengatasi hal itu kita lakukan secara bertahap dengan semua stakeholder. Ini harus dihentikan secara berkelanjutan," katanya.

Untuk itu, ia meminta Pemkot Bandung, Pemkab Bandung, Pemkab Bandung Barat, Pemkot Cimahi, Kodam III/Siliwangi, Polda Jabar, Dansesko TNI, Dankodiklat, BBWS Citarum untuk bekerja bersama. Diyakini, perubahan akan terasa, dengan catatan masyarakat tidak membuang sampah ke sungai. "Mudah-mudahan enam bulan ke depan sudah bisa tersistem," tegas Aher.

Ia juga menekankan, akan menghukum pihak-pihak yang membandel membuang limbahnya ke sungai, terutama industri. "Penegakan hukum tentu ada bagi mereka yang tetap membandel membuang limbah ke sungai. Buang limbah itu berbahaya, baik limbah industri, rumah tangga, sampah, non sampah, dan limbah apapun bentuknya," tambahnya.

Sementara itu, kepada untuk Majelis Ulama Indonesia (MUI) diminta menerbitkan fatwa haram membuang sampah ke sungai. "Tidak cukup dengan hukum undang-undang, tetapi kita bentuk dengan norma agama," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,