Libur Paskah Arus Kendaraan Mandek di Gerbang Tol Cipali

Libur Paskah Arus Kendaraan Mandek di Gerbang Tol Cipali

Antrean kendaraan mengular hingga sejauh 5 kilometer di pintu Tol Cipali Cirebon. )foto - ist)

Cirebon - Libur panjang hari Paskah dan akhir pekan menyebabkan terjadinya kemacetan cukup parah hingga sepanjang lima kilometer, di gerbang Tol Cipali. Ribuan kendaraan pun mengular di sekitar menjelang pintu masuk gerbang Tol Palimanan-Kanci, Jumat (25/3/2016).

Jumlah kendaraan pribadi yang masuk terus meningkat, sehingga baik kendaraan pemudik maupun wisatawan harus berjalan dengan kecepatan di bawah 5 km/jam. Untuk mengantisipasi terjadinya antrean lebih parah, pengelola Tol Cipali menambah jumlah personel.

Akibat banyaknya kendaraan yang memilih untuk berhenti dan beristirahat di bahu jalan maupun banyaknya kendaraan yang mogok, kemacetan pun tak terhindarkan terjadi di pintu keluar Tol Palimanan. Diperkirakan, puncak arus balik libur panjang Paskah terjadi besok.

Dilaporkan, sekitar 51 ribu kendaraan tercatat melintasi jalur Pantura melalui gerbang Tol Plumbon 3, Kabupaten Cirebon. Kepadatan kendaraan tersebut membuat antrean panjang, terutama menjelang gerbang Tol Plumbon 3.

"Peningkatan volume kendaraan yang masuk tol sudah tampak sejak sekitar pukul 20.00 WIB malam tadi," kata Kepala Gerbang Tol Plumbon, Sugeng Wardoyo.

Menurut Sugeng, pahal pada hari-hari biasa kendaraan yang melintasi atau yang masuk Tol Plumbon Cirebon baik dari arah Jakarta maupun Jawa Tengah hanya sekitar 40 ribu. Libur panjang menyebabkan peningkatan kepadatan kendaraan mulai pagi hari. "Pagi tadi juga cukup padat, antrean kendaraan di pintu tol," katanya.

Sementara itu, kemacetan panjang pun terjadi di ruas tol Jakarta yang mengarah ke Tol Cikampek. Untuk mengatasinya, diberlakukan "contra flow" atau rekayasa lalu lintas melawan arah, tepatnya di sekitar KM 35 Tol Jakarta arah Cikampek.

Meski demikian, laju kendaraan tampak semakin padat merayap bahkan venderung tak bergerak. Menurut para sopir  travel, kemacetan panjang di Tol Cikampek sudah terjadi sejak kemarin pagi. Belum lagi ada truk gandeng yang membawa makanan ayam terguling di KM 52.

Sedangkan pada sorenya betepatan dengan jam sibuk pulang kerja, sehingga sejak itu terjadi kemacetan sampai sore hari ini. Kepadatan kendaraan tersebut menyebabkan kemacetan cukup panjang hingga KM 40 Tol Cikampek. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,