Seluruh Blok yang Ada di Rutan Malabero Hangus Terbakar

Seluruh Blok yang Ada di Rutan Malabero Hangus Terbakar

Kondisi rumah tahanan (Rutan) Malabero Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu setelah dilanda kebakaran. (foto - ist)

Bengkulu - Seluruh blok yang ada di rumah tahanan (Rutan) Malabero Bengkulu, Provinsi Bengkulu hangus terbakar. Ruang tahanan yang ludes terbakar yakni di Blok A, B dan C seluruhnya hangus, dan tidak ada barang yang bisa diselamatkan. Sejauh ini, pihak Rutan sendiri belum mengetahui pasti kerugian atas kebakaran itu.

"Seluruh Blok A, B dan C hangus terbakar,” kata Kepala Divisi Permasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kumenkumham) Bengkulu, Sunar Agus, Sabtu (26/3/2016).

Sementara itu, pasca-kebakaran sebanyak 252 tahanan penghuni Rutan Malabero dievakuasi ke lapas Bentiring Kota Bengkulu. Sedangkan sebelumnya jumlkah penghuni rutan tersebut seluruhnya mencapai 259 tahanan. Diketahui, satu tahanan dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara, karena korban mengalami cidera saat insiden kebakaran. Satu tahanan dibawa ke Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Bengkulu, dan lima orang tahanan tewas di dalam rutan.

"Mereka yang dievakuasi ke Rutan Bentiring sebanyak 252 tahanan, lima tewas, satu dibawa ke RS dan satu dibawa ke BNN,” kata Sunar. Menurutnya, Rutan yang terbakar terdiri tiga blok yakni Blok A, B, dan C, secara keseluruhan blok ludes terbakar berikut isi dalam ruang tahanan. "Ada tiga Blok A, B, dan C,” kata Sunar.

Sebelumnya diberitakan, lima korban tewas di dalam Rutan Malabero Bengkulu akibat kebakaran pada Jumat malam. Para korban dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M Yunus Bengkulu, untuk dilakukan proses identifikasi. 

Kelima korban tahanan dari kamar nomor 07 blok Narkoba itu diketahui atas nama, Medi Satria, Agung Nugraha, Heru Bilian Toro, Agus Purwanto, dan Hendra Nopiandi. Sementara seorang tahanan yang tewas terlibat kasus pencurian, atas nama Hendra Nopiandi. Dari ratusan tahanan yang ada di dalam rutan, dipastikan tidak ada yang kabur saat kerusuhan dan kebakaran.(Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,