Samanha Bajak EgyptAir untuk Mencari Suaka di Siprus

Samanha Bajak EgyptAir untuk Mencari Suaka di Siprus

Pesawat EgyptAir Dibajak Samanha untuk Cari Suaka mendarat darurat di Bandara Internasional Larnaka Siprus. (foto - ist)

Larnaka - Kantor berita Mesir, MENA menyatakan, pembajak Pesawat EgyptAir adalah warga Mesir bernama Ibrahim Abdel Tawwab yang diralat jadi Ibrahim Abdel Tawwab Samanha. Sejumlah media Siprus melaporkan sang pembajak memiliki motif pribadi dalam menjalankan aksinya. Pelaku disebut sengaja membajak pesawat untuk mencari suaka di Siprus. 

Dilansir The Guardian, Selasa (29/3/2016) pelaku diketahui memiliki seorang mantan istri di negara kepulauan tersebut. Salah seorang saksi mata mengatakan, pelaku melemparkan surat yang ditulisnya dalam bahasa Arab dari pesawat, yang mendarat di Bandara Internasional Larnaka itu. Ibrahim Samanha juga meminta surat tersebut disampaikan kepada mantan istrinya.

Laporan itu dikonfirmasi oleh Presiden Siprus Nikos Anastasiades. Dia yakin, terorisme bukanlah motif pembajakan, melainkan personal. Sedangkan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Mesir menyebutkan, pelaku adalah orang bodoh yang menyebut-nyebut nama mantan istrinya. "Ia bukan teroris, tetapi orang bodoh. Teroris adalah orang gila, namun tidak bodoh,” bunyi pernyataan Kemlu Mesir.

Sebelumnya diberitakan, pesawat EgyptAir dengan nomor penerbangan MS181 melayani rute domestik Kairo-Alexandria, Mesir mengalihkan pendaratan darurat setelah dibajak seorang pria bersenjata. Pesawat pun dipaksa melakukan pendaratan di bandara internasional di Kota Larnaka, Siprus. (Jr.)**

 

.

Categories:Internasional,
Tags:,