Presiden Yaman Akan Umumkan Pemerintahan Barunya

Presiden Yaman Akan Umumkan Pemerintahan Barunya

Presiden Yaman Akan Umumkan Pemerintahan Barunya

Sana'a - Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi pada Jumat (7/11/2014) mengumumkan pembentukan pemerintah baru yang terdiri atas kaum teknokrat dan dipimpin oleh Perdana Menteri Khaled Bahah, demikian laporan stasiun telvisi resmi Yaman.

Menurut dekrit yang ditandatangani oleh Hadi, Khaled Bahah akan memimpin Kabinet 36-anggota. Di dalam kabinet tersebut, menteri pertahanan, dalam negeri, keuangan dan urusan luar negeri pada kabinet sebelumnya diganti, kata laporan itu.

Hadi mengangkat Mayor Jenderal Mahmoud As-Subayhi, Komandan Wilayah Militer Ke-4, sebagai Menteri Pertahanan, dan Kepala Lembaga Keamanan (Intelijen) Polisi Brigadir Jalal Ar-Ruwaishan sebagai Menteri Dalam Negeri Pembentukan pemerintah baru tersebut didasari atas kesepakatan yang ditandatangani oleh partai politik pada awal November. Di dalam kesepakatan itu, Hadi dan Bahah akan membentuk pemerintah yang terdiri atas kaum teknokrat.

Pengumuman tersebut dikeluarkan beberapa jam sebelum pertemuan Dewan Keamanan (DK) PBB yang dijadwalkan membahas sanksi atas perusak peralihan politik di Yaman, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Sabtu pagi. Amerika Serikat pekan lalu meminta DK PBB menjatuhkan sanksi atas mantan presiden Yaman Ali Abdullah Saleh dan dua pemimpin kelompok Syiah Al-Houthi --yang dituduh merusak upaya untuk menyelesaikan krisis politik saat ini di negara Timur Tengah itu.(Ode)**

.

Categories:Internasional,