Kereta Tergelincir di Philadelphia, 2 Tewas Puluhan Terluka

Kereta Tergelincir di Philadelphia, 2 Tewas Puluhan Terluka

Kereta Tergelincir di Philadelphia, 2 Tewas Puluhan Terluka. (foto - ist)

Chester - Kereta api Amtrak yang mengangkut sekitar 330 penumpang tergelincir karena menabrak beckhoe (peralatan konstruksi) di jalur selatan Philadelphia Amerika Serikat (AS), Minggu pagi sekitar pukul 08.00 waktu setempat. Kecelakaan itu sedikitnya menewaskan dua orang, dan puluhan orang lainnya mengalami luka-luka.

Kecelakaan di Chester, Pennsylvania sekitar 25 km arah baratdaya Philadelphia tersebut terjadi hanya beberapa kilometer dari arah selatan situs kereta tergelincir pada 2015 yang menewaskan delapan orang. "Amtrak Train 89 dengan tujuan Savannah, Georgia, dari New York itu menabrak sebuah kendaraan yang melintas di rel," kata Kepala Pemadam Kebakaran Chester Travis Thomas.

Amtrak menyebut kendaraan itu adalah sebuah backhoe, sedangkan dua orang yang tewas adalah karyawan Amtrak. Sebanyak 35 orang dilarikan ke rumah sakit tetapi tidak ada yang terluka parah dan separuhnya sudah meninggalkan rumah sakit. "Kami masih mengumpulkan fakta-fakta," kata penyelidik Badan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) Ryan Frigo.

Dikutip dari Reuters, (Senin (4/4/2016) pihak Amtrak menyatakan telah mengoperasikan lagi layanan terbatas antara Philadelphia dan Wilmington di Delaware, pada jalur sibuk Timur Laut, beberapa jam setelah kecelakaan.

"Kami semua berada di kereta api dan awalnya semuanya berjalan lancar. Kereta kemudian berbunyi seperti gemuruh. Kami akhirnya turun dan saya melihat asap dan debu mengepul. Ada debu di mana-mana. Sedangkan kereta konduktor tetap berjalan ke arah depan. Kami keluar jalur dan terjadi ledakan besar dan ada kebakaran. Jendela juga pecah. Beberapa orang sempat terluka. Mereka kebanyakan hanya mengalami luka kecil," kata Travis.

Sementara itu, Channel News Asia melaporkan, dalam sebuah pernyataan, pihak Kereta Amtrak menjelaskan, Kereta Palmetto 89 menghantam sebuah benda di trek hingga mengakibatkan mesin depan tergelincir.

Terkait kejadian tersebut, Juru Bicara Amtrak Stephen Gardner mengatakan, para pejabat dari Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS dalam perjalanan ke tempat kejadian untuk melakukan penyelidikan. Akibat peristiwa ini, layanan kereta api sepanjang 50 kilometer dari Philadelphia Selatan ke Wilmington, Delaware praktis terhenti. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,