Menyoal RZWP3K Anggota DPRD ke AS dan Dapat Alphard?

Menyoal RZWP3K Anggota DPRD ke AS dan Dapat Alphard?

Rancangan Perda Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) dan Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantura Jakarta. (foto - ist)

Jakarta - Sedikitnya 20 anggota DPRD DKI Jakarta termasuk pimpinan, mendapatkan uang suap terkait pembahasan raperda zonasi reklamasi pesisir utara pantai Jakarta. Mereka terdiri atas enam fraksi, bahkan ada salah satu partai yang paling banyak menerima uang suap atas kasus itu.

Berdasarkan informasi, mulai dari pimpinan hingga anggota DPRD DKI memang kecipratan uang panas terkait dengan kasus itu. Ini mengacu pada pandangan, kasus suap terkait pembahasan raperda zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil (RZWP3K) dan raperda tata ruang strategis Jakarta Utara yang menyeret ketua Komisi D DPRD M Sanusi dan bos Agung Podomoro Land Ariesman Widjaja, tidak mungkin dilakukan hanya oleh Sanusi.

Bahkan, di antaranya ada yang mendapat jatah pelesiran ke Amerika Serikat bersama keluarga pada saat tahun baru 2016 lalu. Tidak hanya itu, dua anggota DPRD juga telah mendapatkan jatah umrah bersama keluarga.

Suap tersebut tidak hanya berupa uang dan pelesiran. Disebutkan ada juga yang kebagian mobil mewah Toyota Alphard. Sedikitnya ada enam orang yang mendapatkan mobil mewah tersebut.

Menurut Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang, pihaknya akan segera menyelidiki nama-nama anggota DPRD DKI Jakarta yang diduga telah menerima "berbagai fasilitas" terkait raperda zonasi pesisir pantai utara Jakarta.

Sejauh ini, KPK pun belum bisa memastikan kebenarannya mengenai kasus tersebut. "Nanti kita dalami, kita akan kembangkan juga yang lain-lainnya," kata Saut Situmorang, Selasa (5/4/2016).

Senada dengan Saut, Pelaksana Harian Kabiro Humas KPK Yuyuk Andriati mengakui, pihak KPK sesegera mungkin akan menyelidiki setiap informasi yang masuk. "Saat ini kami belum menerima informasi tersebut, tetapi jika memang ada kita akan dalami," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,