Buntut Insiden Batik Air 8 Petugas Bandara Halim Di-Skors

Buntut Insiden Batik Air 8 Petugas Bandara Halim Di-Skors

Buntut tabrakan pesawat Batik Air dan TransNusa, delapan petugas Bandara Halim Perdanakusuma dikenai skors. (foto - ist)

Jakarta - Delapan orang yang diduga terlibat dalam insiden tabrakan pesawat antara Batik Air dan TransNusa di Bandara Halim Perdanakusuma, dijatuhi hukuman skorsing oleh Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Suprasetyo.

Mereka adalah, tiga petugas air traffic center (ATC), dua petugas towing (mobil penarik pesawat) dan dua teknisi TransNusa. "Kita bekukan sementara sertifikasi kecakapannya. ATC ada tiga, petugas towing ada dua, teknisi TransNusa ada dua orang," kata Suprasetyo di Bandara Halim Perdanakusuma, Kamis (7/4/2016).

Sedangkan terhadap pilot Batik Air, Dirjen Perhubungan Udara juga telah men-suspend selama 90 hari ke depan. Hal itu untuk penyelidikan dan tes kesehatan. "Untuk pilot kita suspend maksimal 90 hari untuk penyelidikan, kalau nanti tes kesehatan sudah dipenuhi kita cabut kembali," katanya.

Menurut Suprasetyo, semua bandara sipil mau gak mau harus mengikuti standar International Civil Aviation Organisation (ICAO). "Semua yang ada di bandara sipil, harus mengikuti peraturan standar ICAO, semua harus sertifikasi dan yang bertugas saat itu kita suspend. Termasuk penerbang dikenai suspend," tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,