Di Jepang Honda Recall Ratusan Ribu Unit Model HR-V dan Jazz

Di Jepang Honda Recall Ratusan Ribu Unit Model HR-V dan Jazz

Honda model HR-V

Tokyo - Honda Motor Co akan menarik (recall) sedikitnya 160 ribu kendaraan untuk model Jazz dan HR-V yang beredar di Jepang. Penarikan itu dilakukan untuk kedua model tersebut yang diproduksi dalam kurun antara Agustus 2013 dan Februari 2016.

Berdasarkan keterangan Associated Press yang dilansir Paultan, Kamis (7/4/2016), penarikan tersebut disebabkan karena power steering rusak. Kerusakan itu berasal dari komponen yang mengatur sistem kelistrikannya.

Salah satu pejabat Kementerian Transportasi Jepang, Yuichi Yamamoto, mengatakan kepada Bloomberg, bagian yang rusak bisa terbakar. Setidaknya, sampai saat ini telah ada enam kasus yang diketahui. Sedangkan kerusakan power steering juga dikaitkan dengan dua tabrakan yang baru-baru ini terjadi.

Untungnya, tidak menimbulkan korban luka atau jiwa dalam insiden ituMenurut laman Bloomberg, baru-baru ini Honda juga mengumumkan akan menarik 143 ribu kendaraannya karena masalah pada airbag merek Daicel. Tidak disebutkan model apa yang akan ditarik.

Merek airbag yang rusak itu tidak berkaitan dengan airbag produksi Takata Corp. Sebagaimana diketahui, airbag merek mereka rusak, dan membuat 28 juta unit kendaraan di Amerika Serikat (AS) harus ditarik.

Airbag Daicel bukan pengganti airbag Takata. Airbag tersebut dibuat oleh perusahaan bernama Nihon Plast Co yang juga berasal dari Jepang. Penarikan itu dilakukan atas kerja sama Honda dan Nihon, sebagai produsen  airbag. (Jr.)**

.

Categories:Otomotif,
Tags:,