Hati-hati! Penedrita Kanker Stadium Empat Berujung Kematian

Hati-hati! Penedrita Kanker Stadium Empat Berujung Kematian

Hati-hati! Penedrita Kanker Stadium Empat Berujung Kematian

Ambon - Semua penderita kanker yang sudah mencapai stadium empat umumnya berujung pada kematian. Demikian Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Dr Ike Pontoh.

"Penyakit kanker yang sudah mencapai stadium empat setelah didiagnosa kondisinya tidak bisa tertolong dan meninggal dunia," katanya, di Ambon, Sabtu (8/11/2014).

Menurut dia, penyakit kanker yang sudah mencapai stadium empat sangat sulit disembuhkan karena sel-sel kanker yang ganas sudah menyebar ke seluruh jaringan tubuh dan umumnya diikuti dengan kematian penderita.

Sehubungan dengan itu, Ike Pontoh mengimbau masyarakat di daerah ini untuk memanfaatkan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Maluku sebagai lembaga sosial yang memberikan pemahaman tentang gejala-gejala penyakit kanker.

Ia mengungkapkan, kanker serviks dan kanker akibat merokok banyak dialami oleh masyarakat di daerah ini yang menimbulkan kematian.

"Asap rokok menimbulkan kanker yang menyerang dari bibir sampai ke paru-paru atau bagian dalam tubuh. Kasus ini banyak ditemukan di masyarakat," ujarnya.

Penyakit kanker yang diakibatkan merokok, lanjutnya, bukan hanya terjadi pada masyarakat ekonomi atas tetapi juga pada masyarakat ekonomi bawah.

Selain itu, pola hidup tidak sehat seperti mengkonsumsi makanan banyak mengandung zat pengawet terutama pada makanan siap saji atau makanan instan juga memicu timbulnya kanker.

"Zaman dulu orang bisa menikmati makanan segar alami, tapi sekarang banyak makanan mengandung zat kimia atau mengandung bahan pengawet," katanya.

Karena itu, perlu kesadaran masyarakat untuk memelihara kesehatan.

"Jangan takut memeriksa kesehatan. Kebiasaan masyarakat selama ini ketika jatuh sakit baru periksa, pola pikir seperti ini harus diubah," katanya.(Ode)**
.

Categories:Gaya hidup,
Tags:kesehatan,