80 Tewas Ratusan Terluka Kuil Puttingal di India Terbakar

80 Tewas Ratusan Terluka Kuil Puttingal di India Terbakar

Sebanyak 80 orang tewas dan ratusan lainnya terluka akibat Kuil Puttingal di India dilanda kebakaran. (foto - ist)

Kerala - Sedikitnya 80 orang tewas dan lebih dari 250 orang mengalami luka-luka, menyusul kebakaran yang melanda Kuil Puttingal di Desa Paravoor Distrik Kollam Provinsi Kerala, India, Minggu pagi.

Dilansir Associated Press, Minggu (10/4/2016) menyebutkan, kebakaran tersebut berawal dari api yang menyulut kembang api yang disimpan untuk memeriahkan perayaan festival Hindu, yang tengah diadakan di Kuil Puttiingal di Desa Paravoor tersebut.

Ribuan orang yang berdesakan di kuil menjadi korban saat ledakan terjadi sekitar pukul 03.10 waktu setempat. Api kemudian menyebar dengan cepat dan memerangkap para pengunjung yang berada di dalam kuil.

Menteri Kepala Provinsi Kerala Oomen Chandy menyatakan, pihaknya akan melakukan penyelidikan atas peristiwa ini. Dia mengatakan, festival tahun ini tetap dilaksanakan meski tidak mendapatkan izin dari pihak berwenang distrik.

Pengadilan Tinggi setempat juga telah mengeluarkan perintah penyimpanan kembang api yang aman, namun tidak dihiraukan oleh pihak Kuil Paravoor. “Kami akan menyelidiki bagaimana perintah tersebut diabaikan dan siapa yang bertanggung jawab dengan keputusan melaksanakan pertunjukan kembang api, kata Chandy.

Menurut Komisaris Polisi Kerala, MS Santhos, para korban langsung dilarikan ke beberapa rumah sakit di Kota Kollam dan juga ke beberapa klinik lainnya. Kejadian kebakaran tersebut berlangsung pukul 03.15 waktu setempat.

Sebelumnya CNN, melansir api awalnya berasal dari pertunjukan kembang api di kuil tersebut yang menelan 75 korban jiwa dan 200 orang lainnya terluka. Saat dinyalakan, beberapa kembang api tidak bisa terbang, dan malah memicu ledakan karena mengenai pemicu kembang api yang lainnya.

Kobaran api pun langsung membesar dan ledakan yang berasal dari kembang api beberapa kali terdengar. Api juga menyambar orang-orang yang tengah berkerumun di sekitar kuil. Dilaporkan tidak ada kerusakan yang terjadi pada kuil tersebut. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,