Sejumlah Wilayah Baratdaya Asia Diguncang Gempa 7,1 SR

Sejumlah Wilayah Baratdaya Asia Diguncang Gempa 7,1 SR

Ketika gempa berkekuatan 7,5 SR mengguncang Afghanistan beberapa waktu lalu. (foto - ilustrasi)

Khyber Pakhtunkhwa - Sejumlah wilayah di Asia bagian baratdaya diguncang gempa bumi dengan kekuatan 7,1 pada skala Richter (SR). Berdasarkan laporan sementara, gempa tersebut mengakibatkan satu orang tewas.

Gempa dengan kekuatan besar tersebut mengguncang Afghanistan, kemudian berlanjut ke Tajikistan, Punjab, Pakistan utara hingga Azad Kashmir. "Gempa berkekuatan 7,1 SR mulai terjadi pada pukul 15.30 (waktu setempat) pada kedalaman 236 kilometer, dengan pusat gempa di wilayah Hindu Kush di Afghanisan," sebut Badan Meteorologi Pakistan.

Seperti dilansir Telegraph, Senin (11/3/2016) guncangan gempa dengan kekuatan besar itu juga telah membuat tanah longsor di wilayah Gunung Karakurm, yang menghubungkan Swat dan Buner.

"Satu orang tewas dan lainnya terluka ketika terjadi tanah longsor menghantam sebuah mobil, yang sedang lewat di Distrik Buner yang berada di Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan," kata pejabat setempat.

Berdasarkan laporan US Geological Survey (USGS), gempa itu bisa dirasakan di Kabul, Islamabad, Lahore dan Delhi, yang membuat warga berhamburan ke luar rumah mereka.

Sementara USA Today melaporkan, pejabat Pakistan, Arif Ullah bahkan menduga gempa di negaranya itu berkekuatan hingga 7,1 SR. Sementara GFZ, Pusat Penelitian Geosains Jerman memperkirakan, gempa itu memiliki kekuatan sekitar 6,5 SR.

Di Islamabad misalnya, warga yang ketakutan terlihat bergegas meninggalkan rumah. Siaran televisi memperlihatkan warga yang tengah berdoa di area terbuka. Gempa dikabarkan juga terasa hingga ke ibukota India, New Delhi.

Juru bicara Badan Penanganan Bencana Pakistan, Ahmad Kamal menyatakan, pihaknya belum menerima informasi apapun kemungkinan terjadinya kerusakan atau korban. Diperkirakan kemungkinan adanya ancaman gempa susulan, dengan meminta pejabat regional sekitar Pakistan mempersiapkan segala kemungkinan. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,