Kajati Jawa Barat Membenarkan Jaksanya Terima Uang?

Kajati Jawa Barat Membenarkan Jaksanya Terima Uang?

Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Fery Wibisono

Bandung - Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Fery Wibisono mengaku terkejut atas penangkapan salah seorang jaksanya berinisial D oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pada Senin (11/4/2016) pagi. Jaksa D diamankan penyidik KPK saat berada di halaman kantor Kejati Jabar, sekitar pukul 06.30 WIB.

Menurut Feri, Jaksa D memang tengah menangani perkara korupsi dana BPJS Kabupaten Subang. Saat itu pihak terdakwa baru saja membayar cicilan uang pengganti kerugian negara atas perkara itu kepada Jaksa D. Saat bersamaan, datang tim KPK menangkap Jaksa D.

"Saat itu, kebetulan baru diserahkan sebagian pembayaran cicilan pengganti, karena menjadi salah satu konsen kami dalam kegiatan penanganan perkara. Kami juga mau recovery selain menghukum pelaku," kata Feri Wibisono.

Feri menyatakan, pihak terdakwa sudah beberapa kali membayar cicilan kepada Jaksa D. Sebagian ada di brangkas, dan sebagian lainnya masih ada di tangan Jaksa D. "Mungkin KPK mendapat laporan pengaduan atau info lain dari hasil penyadapan dan lain-lain, sehingga menilai penyerahan uang itu bagian dari suap," kata mantan Direktur Penuntutan KPK itu.

Ia pun tak ingin berspekulasi, penangkapan Jaksa D oleh KPK sebenarnya terjadi kesalahpahaman. "Kami hormati dan mendukung, kalau KPK memiliki bukti. Jika ada informasi, ada uang lain-lain (suap), kami mendukung untuk dilakukan penegakan hukum," tegas Feri.

Mekanisme pembayaran uang pengganti kerugian negara itu merupakan proses standar, yang biasa dilakukan Kejaksaan. Setelah penyitaan, pihak terdakwa diimbau untuk membayar uang pengganti kepada negara. "Kami imbau untuk beritikad baik menyetorkan kerugian keuangan negara," katanya.

Sebelumnya, penyidik KPK menangkap tangan jaksa dari Kejaksaan Tinggi Jabar, Senin sekitar pukul 07.00 WIB. Salah satu jaksa yang ditangkap diketahui berinisial D. Ia ditangkap di saat masuk ke dalam kantor Kejati Jabar. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,