Korban Tewas Tabrakan Kereta Penumpang Jadi 12 Orang

Korban Tewas Tabrakan Kereta Penumpang Jadi 12 Orang

Korban meninggal dunia akibat tabrakan kereta penumpang di Jerman jadi 12 orang. (foto - ist)

Berlin - Dua bulan setelah kejadian pada 9 April 2016, tabrakan dua kereta penumpang di Jerman kembali terjadi. Tabrakan yang terjadi sekitar 60 kilometer arah tenggara dari Muenchen tersebut, menyebabkan sedikitnya menewaskan 12 orang, serta puluhan penumpang lainnya mengalami luka-luka.
 
Kecelakaan tersebut diduga disebabkan oleh petugas (operator) pemberi sinyal, yang salah memberikan tanda saat kedua kereta tersebut hendak lewat. Insiden tersebut disebut-sebut, sebagai kecelakaan kereta api terburuk di Jerman sejak 1998.
 
Seperti dilaporkan The Guardian, akibat kejadian itu, selain 12 orang korban tewas, juga sekitar 80 penumpang lainnya luka-luka. Dalam kejadian itu pun operator pengawas rel (39) telah ditangkap, karena menyalahi prosedur keamanan kerja dengan menyalakan ponsel untuk bermain game saat bertugas.
 
Kedua kereta yang membawa sedikitnya 160 penumpang itu bertabrakan di jalur antara Kota Bad Aibling dan Kolbermoor di dekat perbatasan Austria. Saat ini penyelidikan masih terus berlangsung, dan sejauh ini tidak ada bukti masalah teknis menjadi penyebab kecelakaan tersebut.
 
Ketika diinterogasi polisi, operator itu mengaku memang tengah bermain game di ponselnya. Namun ia membantah hobinya itu memengaruhi kinerjanya, sehingga menyebabkan dua kereta berkecepatan tinggi dari arah berlawanan tersebut bertabrakan.
 
Kecelakaan terjadi di kawasan hutan sekira 40 mil jauhnya di tenggara Munich. Jaksa memastikan, bahwa insiden tersebut murni kelalaian manusia (human error), bukan kesalahan teknis. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,