Bengkulu Kembali Digoyang Gempa Susulan 4,5 SR

Bengkulu Kembali Digoyang Gempa Susulan 4,5 SR

Bengkulu kembali digoyang gempa susulan berkekuatan 4,5 SR. (foto - ilustrasi)

Bengkulu - Sekitar 30 menit berselang gempa susulan kembali menggoyang Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu. Jika sebelumnya gempa berkekuatan 5,0 pada skala Ritcher (SR), terjadi sekitar pukul 17.24 WIB. Namun sekitar pukul 17.56 WIB, gempa tektonik kembali terjadi dengan kekuatan 4,5 SR.

Gempa berlokasi di 3.56 Lintang Selatan,100.56 Bujur Timur, berada di 124 km Barat Daya, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, dengan kedalaman 24 Kilometer. ''Besaran gempa susulan memang lebih kecil dari gempa pertama,'' kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Litman, Jumat (15/4/2016).

Namun demikian, hal tersebut merupakan rentetan dari gempa pertama yang menggoyang Mukomuko, yang mana adanya persegeran lempeng-lempeng Indo-Eurasia dan Indo-Australia. ''Gempa tersebut terjadi yang disebabkan adanya aktivitas subduksi,'' kata Litman.

Berdasarkan laporan dari BPBD Kabupaten Mukomuko, sejauh ini tidak menerima laporan kerusakan dan korban jiwa saat terjadi gempa tersebut. Bahkan, dari BPBD Mukomuko pasca-gempa masyarakat masih bertahan di rumah, dan tidak ada mengungsi ke tempat yang lebih aman. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,