Banjir yang Melanda Arab Saudi Menewaskan 18 Orang

Banjir yang Melanda Arab Saudi Menewaskan 18 Orang

Masjidilharam pun tak luput dari terjangan banjir akibat hujan deras yang terus menerus mengguyur Arab Saudi selama sepekan ini. (foto - ist)

Riyadh - Sedikitnya 18 orang tewas di Arab Saudi dan 14 orang di Yaman, menyusul  terjadinya banjir akibat hujan deras yang terus menerus sejak sepekan ini mengguyu. Pihak Pertahanan Sipil Saudi telah menyelamatkan 915 orang, yang terjebak di daerah banjir.
 
Berdasarkan keterangan dari Direktorat Pertahanan Sipil, hingga Kamis pagi pusat kontrol menerima lebih dari 26.000 panggilan telepon, dari warga yang terkena dampak badai. Mekah mencatat jumlah tertinggi mencapai sebanyak 13.771 panggilan telepon.
 
Seperti dikutip Arab News, Jumat (15/4/2016) sebanyak 225 orang diselamatkan di Riyadh, 381 di Mekah, 251 di Asir dan 18 di Jasan. Sebagian besar mereka terjebak di dalam kendaraan yang tergenang banjir. Sekitar 850 kendaraan juga ditarik dari rendaman banjir dan 398 orang diungsikan dari rumah mereka, termasuk juga 61 keluarga di antaranya. 
 
Para siswa di sebuah sekolah dasar pun diungsikan di Jasan karena sejumlah bangunan sekolah terendam dan runtuh. "Dua warga Pakistan tewas dalam banjir, sedangkanpetugas  menyelamatkan 18 orang yang terjebak dalam reruntuhan. "Saat ini kami tengah melakukan pencarian terhadap tiga orang yang dinyatakan masih hilang," kata Yahya Al-Qahtani, juru bicara Pertahanan Sipil di Jazan.
 
Sementara itu, Saudi Red Crescent melaporkan, seseorang tewas di Al-Baha, 300 kilometer dari Jasan, dan 27 orang lainnya terluka karena kecelakaan saat hujan lebat. Sementara itu, 24 orang tewas di Yaman Utara, dalam banjir yang disebabkan oleh hujan lebat.
 
Banjir juga turut mengakibatkan kerusakan beberapa rumah hingga memutus jalan, khususnya di arah Amran dan Hajjah, barat laut Saana. Di wilayah tersebut 14 orang tewas, dan beberapa di antaranya diakibatkan oleh tanah longsor. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,