28 Orang Tewas Ekuador Diguncang Gempa 7,8 SR

28 Orang Tewas Ekuador Diguncang Gempa 7,8 SR

Ekuador Diguncang Gempa 7,8 SR yang dikabarkan menewaskan 28 orang. (foto - ist)

Quito Warga Ekuador dengan ibukota Quito dibuat panik panik menyusul gempa berkekuatan 7,8 pada skala Richter (SR) mengguncang wilayah ini, Sabtu (16/4/2016). Sedikitnya 28 orang tewas karena tertimpa reruntuhan gedung dan bangunan.

Gempat tersebut merupakan yang terkuat yang menimpa Ekuador sepanjang 10 tahun belakangan ini. Gempa terjadi pada Sabtu pukul 5 sore waktu setempat berasal dari kedalaman 12,4 mil. Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) Quito, gempa berada 17 mil dari Muisne. Wilayah yang jarang penduduk dan menjadi tempat wisata nelayan yang banyak dikunjungi turis.

Dalam laporannya di televisi lokal, Wakil Presiden Ekuador, Jorge Glas mengabarkan adanya 28 orang tewas yang berasal dari kota Manta, Portoviejo dan Guayaquil. Di antara mereka yang tewas adalah para pengemudi yang berada di dalam kendaraan di Kota Guayaquil, kota terpadat di Ekuador.

Di media sosial, netizen berbagi gambar dan foto terkait gempa. Ada yang memperlihatkan rumah roboh, atap gedung yang lepas, atau dinding supermarket yang bergetar. Bandara Manta an Guayaquil pun harus tutup, karena menara pusat kendali mengalami kerusakan parah.

Meski lembaga penanggulangan bencana alam di Ekuador tidak memberikan peringatan tsunami, The Pacific Tsunami Warning Center justru sebaliknya. Dikabarkan, akan ada potensi tsunami yang akan menerjang wilayah pesisir. 

Glas pun meminta warga yang bermukim di sepanjang pantai untuk pindah ke tempat yang lebih tinggi. Enam provinsi telah ditetapkan dalam status 'darurat'. "Sangat penting bagi kita untuk tetap tenang dalam keadaan darurat ini. Kami akan terus memonitor segala kemungkinan yang akan terjadi," ujar Presiden Ekuador, Rafael Correa, yang saat kejadian sedang berada di Vatikan.

Gempa yang merobohkan bangunan di kota tersebut terjadi selama 40 detik. Banyak orang berhamburan ke jalanan, untuk mencari tempat yang aman. Listrik langsung terputus dan jaringan telepon mati total. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,