Jia Jia Robot Wanita Tercantik Paling Cerdas di Dunia

Jia Jia Robot Wanita Tercantik Paling Cerdas di Dunia

Jia Jia Robot Wanita Tercantik Paling Cerdas di Dunia. (foto - ist)

Ahui - Universitas Sains dan Teknologi Cina memperkenalkan ke publik robot terbaru mereka, yang bernama Jia Jia. Robot buatan ilmuwan bernama Chen Xiaoping dan timnya itu, selangkah lebih dekat dari manusia ketimbang robot lain di dunia.

Sebagaimana dilansir Inquistr, Senin (18/4/2016) dilihat dari sudut manapun, Jia Jia terlihat sangat mirip manusia, bahkan seorang model cantik. Selain cantik, Jia-Jia yang disebut sebagai 'Dewi'-nya robot, dapat berbicara dan menunjukkan ekspresi wajah tertentu. Misalnya menggerakkan mulut dan anggota tubuh lain.

Sedikitnya, Xiaoping dan timnya membutuhkan waktu tiga tahun untuk menyempurnakan Jia-Jia. Robot ini dibekali dengan program kecerdasan buatan yang memungkinkannya mengerti ucapan manusia, termasuk gurauan yang jarang dimiliki robot lain. "Jangan terlalu dekat dengan aku saat mengambil foto, itu akan membuat wajah ku terlihat gemuk," kata Jia-Jia pada seseorang yang mengajaknya selfie.

Sejumlah kata yang diucapkan oleh Jia-Jia selaras dengan pergerakan bibir dan bola matanya, sehingga tampak natural. Jia-Jia juga mempunyai kemampuan navigasi dan fitur lain, yang berbasiskan internet dan teknologi penyimpanan awan (cloud). Tak salah bila ilmuwan menyebut Jia-Jia ,sebagai salah satu robot paling cerdas saat ini.

Untuk pertamakalinya Jia Jia ditampilkan pada perhelatan di Hefei, Provinsi Ahui Cina. Ia difungsikan sebagai penyambut para tamu, yang akan menyambut sekaligus memperkenalkan diri.

Saat memperkenalkan Jia Jia, Chen menunjukkan jika robot itu bisa mengerjakan berbagai macam tugas, seperti melambaikan tangan dan menjawab pertanyaan. "Saya mengembangkan robot ini selama tiga tahun. Diprogram untuk bisa melakukan interaksi dasar," kata Chen. (Jr.)**

.

Categories:Infotech,
Tags:,