Imbas Gempa 3 Perusahaan Raksasa Jepang Stop Produksi

Imbas Gempa 3 Perusahaan Raksasa Jepang Stop Produksi

Pabrikan Honda di Kumamoto Jepang sementara menghentikan produksi imbas gempa 7,8 SR. (foto - ist)

Kumamoto - Sedikitnya tiga perusahaan raksasa Jepang menghentikan produksi sementara, setelah sejumlah gempa bumi beruntun mengguncang kawasan selatan dan barat Jepang. Gempa itu juga menewaskan 41 orang, dan menyebabkan kerusakan parah pada sejumlah bangunan dan infrastruktur.

Seperti dilansir BBC, Senin (18/4/2016) kawasan lokasi pabrik raksasa perusahaan elektronik, Sony serta produsen mobil Honda dan Toyota, dilanda gempa yang menyebabkan sejumlah peralatan produksi di pabrik mereka mengalami kerusakan.

Imbasnya, penghentian sementara produksi di Kumamoto sedikitnya bakal mengganggu rantai pasokan produksi kendaraan. Renesas Electronics, pembuat chips juga menyatakan telah terjadi kerusakan pada beberapa peralatan di pabrik Kumamoto, yang memproduksi chip mikro controller untuk mobil.

Pabrik mobil Toyota menyatakan, pihaknya akan menghentikan pabrik perakitannya di seluruh Jepang. Namun demikian, penghentian produksi tersebut  akan dilakukan secara bertahap yang berlangsung selama sepekan ini.

Sementara itu, surat kabar Nikkei merilis Aisin Seiki, pemasok utama Toyota juga menghentikan produksinya. Aisin Seiki sementara menghentikan produksi di bagian pintu, mesin, dan bagian lain mobil karena kerusakan pabrik akibat gempa.

Menurut seorang analis, penghentian produksi Toyota diperkirakan akan menyebabkan penurunan produksi hingga 50 ribu kendaraan.  Begitu pun Sony menyatakan akan menghentikan sementara pabrik, yang memproduksi sensor gambar untuk smartphone. (Jr.)**

.

Categories:Ekonomi,
Tags:,