Pesawat Milik British Airways Bertabrakan dengan Drone

Pesawat Milik British Airways Bertabrakan dengan Drone

Sebuah pesawat Milik British Airways mendarat darurat di Bandara Internasional Heathrow di London, Inggris setelah bertabrakan dengan Drone. (foto - ist)

London - Pesawat milik Maskapai British Airways dengan nomor penerbangan 727 rute Jenewa-London mendarat selamat, setelah sebuah drone (pesawat tanpa awak) diduga menabraknya saat akan mendarat di Bandara Internasional Heathrow di London, Inggris.

Dilaporkan situs ABC, Senin (18/4/2016) kepolisian menjelaskan, pilot pesawat melaporkan dirinya mengira pesawat yang dibawanya itu 'berpapasan' dengan suatu benda, yang ternyata adalah sebuah drone. Pesawat tak berawak itu menabrak tepat di depan badan pesawat.

"Penerbangan dari Jenewa, Swiss ke London ini kemudian berhasil mendarat di Heathrow pada sore hari," kata juru bicara British Airways. Mereka juga menyampaikan, pihaknya telah diperiksa sepenuhnya oleh teknisi dan dibersihkan sebelum menjalani penerbangan berikutnya.

Sejauh ini, polisi menyampaikan tidak ada penangkapan yang dilakukan sementara penyelidikan sedang dilakukan. "Keselamatan dan keamanan selalu menjadi prioritas pertama kami, dan kami akan membantu polisi untuk penyelidikan mereka," kata pihak perwakilan British Airways.

Sementara itu, Otoritas Penerbangan Sipil atau Civil Aviation Authority (CAA) yang bertanggung jawab bagi keselamatan penerbangan Inggris, mengatakan hal serupa. "Siapa pun yang mengoperasikan drone harus bertanggung jawab dan mematuhi semua aturan. Ini tidak dapat diterima (menerbangkan drone dekat dengan pesawat komersial). Siapa saja yang melanggar peraturan bakal menghadapi hukuman berat, termasuk penjara," kata juru bicara CAA. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,