Tegakkan Aturan Secara Humanis lewat Mojang Satpol PP

 Tegakkan Aturan Secara Humanis lewat Mojang Satpol PP

Kota Bandung akan menambah jumlah anggota Mojang Satpol PP. (foto - ilustrasi)

Bandung - Sebagai garda terdepan dalam menegakkan peraturan daerah, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ditekankan untuk mengedepankan cara humanis ketimbang represif. Cara humanis yang dilakukan, antara lain dengan merekrut anggota Satpol PP wanita atau disebut Mojang Satpol PP.

Demikian disampaikan Walikota Bandung Ridwan Kamil, pada Peringatan hari ulang tahun (HUT) Satpol PP ke-66 dan perlindungan masyarakat ke-54 tahun 2016 di Gedung Seskoad Jalan Gatot Subroto, Selasa (19/4/2016).

"Sesuai dengan pesan dari Pak Mendagri, yakni pendekatannya harus humanis kemudian disiplin, tegas dan berwibawa. Saya lebih tekankan kepada Satpol PP untuk melakukan pendekatan secara humanis pada saat menjalankan tugas," kata Emil, sapaan akrabnya.

Cara-cara humanis yang dilakukan yakni dengan merekrut anggota Satpol PP wanita atau biasa disebut Mojang Satpol PP. "Cara humanis tersebut diterjemahkan oleh Bandung dengan memperbanyak Mojang Satpol PP. Kalau bisa dengan kelembutan kenapa harus sesuatu yang sifatnya keras atau kasar," katanya.

Menurutnya Emil, sesuai undang-undang, tugas Satpol PP menjadi kewajiban setiap pemerintahan. Untuk itu pemerintah pusat akan mengalokasikan dana kepada Satpol PP lewat dana alokasi khusus. "Ada pergeseran peraturan perundangan yang baru. Artinya, dana dari pusat akan dialokasikan untuk Satpol PP. Jadi kalau kita minta peralatan enggak harus selalu lewat APBD tapi bisa minta ke pusat," katanya.

Sementara itu, Kasatpol PP Kota Bandung Eddy Marwoto menyatakan, sesuai arahan walikota pihaknya berjanji akan melakukan pendekatan humanis dalam menjalankan tugas. "Kami enggak boleh anarkis tapi humanis. Namun harus tetap disiplin, tegas dan religius. Sesuai harapan ingin Bandung menjadi kota yang tertib, bersih dan aman nyaman bisa terwujud," katanya.

Eddy mengatakan, tahun ini pihaknya berencana untuk menambah jumlah personel Mojang Satpol PP. Sebab,  jumlah anggota Mojang Satpol PP yang ada sekarang ini baru 21 orang. Untukitu, pihaknya segera mengirimkan surat pengajuan jumlah keanggotaan Mojang Satpol PP ke pimpinan.

"Ini dalam rangka memperkuat di simpul-simpul tertentu. Termasuk dalam menangani preman dengan pendekatan humanis. Tahun ini sesuai kebutuhan di lapangan, bisa menambah anggota Mojang Satpol PP 10 hingga 20 orang," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,