5 Warga Tewas, Houston Dilanda Tanjir Terparah Sejak 2001

5 Warga Tewas, Houston Dilanda Tanjir Terparah Sejak 2001

Seorang reporter menyelamatkan pengemudi taksi yang terendam banjir. (foto - ist)

Houston - Sedikitnya lima orang tewas menyusul banjir besar yang melanda Houston, salah satu negara bagian Amerika Serikat dilanda banjir hebat, pada Senin waktu setempat. Ratusan warga pun terpaksa dievakuasi dari wilayah tersebut demi keamanan.
 
"Lima orang tewas dalam banjir yang menggenangi wilayah Houston. Banjir juga merobohkan tiang listrik dan merendam ribuan bangunan rumah dan bisnis. Ini adalah keadaan darurat yang mengancam jiwa," sebut pemerintah kota melalui sebuah situs darurat. 
 
Dilansir CNN, Selasa (19/4/2016) penduduk Houston harus menghindari perjalanan ke luar rumah. Empat kematian pun terjadi di Harris County. Polisi Harris County melaporkan, di antara korban tewas salah satunya sopir truk, yang ditemukan di dalam taksi yang tenggelam di genangan yang dalam. 
 
"Satu korban laki-laki lainnya juga ditemukan tewas di dalam mobil yang terendam," kata Departemen Pemadam Kebakaran Houston. "Dua orang lainnya ditemukan tewas setelah petugas patroli menyisir sisi barat Houston," kata Hakim Harris County, Ed Emmett.
 
Hakim Waller County, Trey Duhon menyatakan, ada pria 56 tahun ditemukan tewas di sebuah kendaraan terendam. "Diduga kuat mobil keluar dari jalanan dan masuk ke selokan," katanya. Harris County Emergency Management menuturkan, kru telah melakukan 1.200 upaya penyelamatan banjir hingga Senin sore waktu setempat.
 
"Banjir merendam setiap bagian Houston. Kami akan menyelamatkan Anda," kata Walikota Houston, Sylvester Turner. Disebutkan, sembilan rumah sakit di wilayah itu ditutup untuk menerima pasien tambahan karena banjir. Para penghuni tiga bangunan apartemen lalu dievakuasi, dan warga berlindung di sebuah mal.
 
Menurut Layanan Cuaca Nasional, hujan dan badai diperkirakan akan mengguyur Houston hingga akhir Selasa waktu setempat. Layanan cuaca itu juga mengeluarkan peringatan atas banjir bandang yang berlaku untuk Houston, Selasa pagi. 
 
Emmett menyebut, peristiwa banjir ini merupakan yang paling parah sejak Badai Tropis Allison pada 2001, yang menewaskan 41 orang. Menurut pusat kontrol banjir distrik Harris County, bencana itu menyebabkan kerusakan properti di wilayah itu senilai lebih dari  5 triliun dolar AS. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,