Gudang Bahan Kimia di Jinjiang Meledak dan Terbakar

Gudang Bahan Kimia di Jinjiang Meledak dan Terbakar

Ledakan yang diikuti kebakaran melanda pabrik kimia di Kota Zhangzhou yang memproduksi bahan kimia paraxylene (PX) di Provinsi Fujian tenggara Cina, April 2015 lalu. (foto - ilustrasi)

Jianjiang - Gudang penyimpanan bahan kimia dan bahan bakar di Kota Jinjiang sebelah timur Cina meledak. Berdasarkan laporan media setempat, kobaran api sejauh ini dapat dikendalikan sehingga tidak menimbulkan korban jiwa.

Ledakan tersebut mengingatkan peristiwa yang sama di sebuah gudang penyimpanan bahan-bahan kimia di utara Kota Tianjin, pada tahun lalu. Sedikitnya 165 orang tewas, berikut indikasi adanya kontaminasi akibat racun bahan kimia.

Sementara ledakan yang terjadi kali ini, berlokasi di sebuah perusahaan bernama Jiangsu Deqiao Storage, perusahaan yang menjadi tempat penyimpanan bahan kimia berbahaya.

Dalam website-nya, pemerintah Jinjiang mengatakan, api dari ledakan itu  dapat dikendalikan dan tidak ada korban. Salah satu foto yang diunggah di media massa menunjukkan, asap tebal dan api yang masih berkobar dari sebuah tangki penyimpanan yang meledak.

Seperti dilansir Channel News Asia, Jumat (22/4/2016) pemerintah juga mengatakan aktivitas di sekitar lokasi ledakan telah kembali normal. Kecelakaan industri kerap terjadi di Cina karena standar keselamatan seringkali diabaikan.

Namun demikian, ledakan yang terjadi di Tianjin tersebut memicu kemarahan masyarakat secara luas. Sebab, kurangnya transparansi oleh pejabat yang menjelaskan, tentang penyebab ledakan dan dampak lingkungan yang ditimbulkan. (Jr.)** 

.

Categories:Internasional,
Tags:,