Pesawat Tenaga Surya Mendarat Mulus di Moffett Airfield

Pesawat Tenaga Surya Mendarat Mulus di Moffett Airfield

Pesawat Solar Impulse 2 mendarat mulus di Moffett Airfield, Mountain View California, Amerika Serikat, Minggu (24/4/2016) dinihari waktu setempat. (foto - ist)

California - Impulse 2, pesawat bertenaga surya yang menjalani misi keliling dunia mendarat mulus di Moffett Airfield Mountain View California, Amerika Serikat, Minggu (24/4/2016) dinihari waktu setempat. Pesawat itu lepas landas dari Hawaii berjarak 4.497 kilometer, ditempuh dalam waktu 2 hari 14 jam 31 menit 1 detik.

Waktu yang ditempuh lebih cepat dari yang diperkirakan, yaitu selama tiga hari tiga malam. Begitu menyentuh landasan Moffett Airfield, tercatat kapasitas baterai pada pesawat masih 43 persen. Pesawat itu lepas landas dari Hawaii, pada Kamis sore 21 April 2016 waktu setempat.

Penduduk bumi dan pengguna internet mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, turut menyaksikan momentum siaran langsung pendaratan itu. Untuk siaran langsung pendaratan di situs YouTube tercatat disaksikan hampir 7 ribu pemirsa.

Pendaratan pesawat dengan total panjang bentang sayap sampai 72 meter itu juga disaksikan oleh tim pengendali di Monaco, Perancis. Tim di Monaco, langsung bertepuk tangan begitu pesawat mendarat secara aman dan mulus.

Tak lupa misi pemantauan di Monaco juga menyampaikan terima kasih atas kontribusi sang pilot, yang telah membawa pesawat tersebut mendarat di California. Andre Borschberg, salah seorang pilot dalam misi itu telah menunggu pilot Bertrand Piccard, yang mengendalikan pesawat dari Hawaii menuju California.

Sementara di apron Moffett Airfield dipadati banyak orang yang telah menunggu pendaratan pesawat tersebut. Dari apron bandara juga telah disiapkan hanggar yang terbuat dari plastik yang bisa digelembungkan.

Dikabarkan, penerbangan ke California tertunda hampir setahun lantaran pesawat mengalami problem pada baterainya. Tercatat baterai pesawat bermasalah sejak penerbangan tahap kedelapan pada 28 Juni 2015 dari Nagoya, Jepang menuju Kaleloa, Hawaii, Amerika Serikat. 

Solar Impulse 2 akhirnya mendarat di Hawaii pada 6 Juli 2015. Pesawat itu lepas landas lima hari sebelumnya dari Bandara Nagoya, Jepang. Setelah mendarat di Hawaii, tim teknisi menyadari baterai pesawat menjadi terlalu panas akibat isolasi yang berlebihan di udara.

Dalam menjalankan misi mengelilingi dunia, Solar Impulse 2 mengawali penerbangan dari Abu Dhabi (Uni Emirat Arab) pada 9 Maret 2015 menuju Muscat (Oman). Penerbangan pertama yang menempuh jarak 772 kilometer itu ditempuh dalam waktu 13 jam 1 menit. (Jr.)**

.

Categories:Infotech,
Tags:,