Museum di India Terbakar Ratusan Spesies Langka Musnah

Museum di India Terbakar Ratusan Spesies Langka Musnah

Museum Sejarah Nasional (National Museum of National History) yang berada di Ibukota India, Delhi ludes terbakar. (foto - Indian Express.com)

Delhi - Kebakaran menghanguskan Museum Sejarah Nasional (National Museum of National History) yang berada di Ibukota India, Delhi, Selasa pagi. Akibatnya, koleksi berbagai jenis spesies langka flora dan fauna, yang ada di museum tersebut musnah terbakar.
 
Api mulai membakar dari lantai enam National Museum of National History, dan dengan cepat merembet ke seluruh gedung. Lebih dari 30 mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk menjinakkan api. Besarnya api bahkan membuat enam petugas pemadam kebakaran terluka.
 
Menurut Menteri Lingkungan India Prakash Javadekar, petugas belum menyebutkan berapa tingkat kerusakan yang dialami museum itu. Namun ribuan koleksi museum dipastikan musnah. "Ini adalah kerugian yang nyata. Kerugian ini juga tidak dapat dihitung dengan uang. Beberapa spesies flora dan fauna yang usianya sangat tua ada di sana," kata Javadekar.
 
Sebagaimana dilansir BBC, Selasa (26/4/ 2016) seorang petugas pemadam kebakaran mengatakan, mekanisme keselamatan kebakaran gedung museum tidak berfungsi dengan benar. "Itulah sebabnya kami butuh waktu begitu lama untuk memadamkan api. Proses pendinginan masih dilakukan," kata petugas tersebut.
 
Seperti diketahui, museum itu berisi spesies yang diawetkan seperti kupu-kupu, katak, ular, kadal serta harimau dan macan tutul. Museum itu juga kerap dikunjungi pelajar, dan mengadakan pemutaran film mengenai satwa liar dan ekologi. 
 
Sebelumnya beredar kritik yang mengatakan, bangunan gedung tersebut didesain kurang baik dan tidak dapat dipertahankan lagi. Rencananya museum itu akan dipindahkan ke gedung baru di lokasi lain. Sejauh ini belum jelas penyebab kebakaran di museum, yang sudah berusia 38 tahun yang ada di jantung Kota Delhi tersebut. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,