Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Disepakati Turun

 Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Disepakati Turun

Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Dosepakati Turun. (foto - ilustrasi)

Jakarta - Biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) resmi diturunkan, menyusul Menteri Agama Indonesia Lukman Hakim Saifudin bersama dengan Komisi VIII DPR telah menandatangani Naskah Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2016.

"Komitmen kita dan Komisi VII itu tinggi, yakni kualitas penyelenggaraan haji tahun ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya. Kita bersyukur BPIH dari sisi kurs dolar mengalami penurunan jadi rata-ratanya 2.585 dolar AS," kata Lukman di gedung DPR RI Jakarta, Sabtu (30/4/2016).

Menurutnya,  satu hal yang diutamakan adalah bagaimana kualitas pelayanan bisa semakin baik dibandingkan dengan penyelenggaraan tahun lalu. Setelah  itu, kita akan segera ajukan kesepakatan trersbut kepada presiden.

"Lalu beliau bisa menuangkan ke Keppres. Setelah itu sudah sekitar sepakan mudah-mudahan bisa diselesaikan. Harapan kami pertengahan Mei ini bisa diumumkan ke masyarakat khususnya calon jemaah, yang akan melunasi setoran awalnya (Rp 25 juta)," katanya.

Sementara itu, terkait dengan pembatalan tambahan 10.000 kuota jemaah untuk tahun ini, Lukman menjelaskan hal itu diputuskan karena MoU yang ditandatangani dengan Arab Saudi sama dengan tahun lalu, yaitu 168.800 orang. "Lalu yang 10.000 kita tidak gunakan karena tidak ada landasan hukumnya," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,